Tiang Lampu jalanan dengan BTS mini dari Philips untuk membuat kota lebih cantik


BTS (Base Transceiver Station) yang bermunculan di jalan memang dibutuhkan supaya sinyal ponsel jadi stabil tetapi di satu sisi, banyaknya BTS mengurangi keindahan kota. Betul kan?

Philips bekerjasama dengan Ericsson mengumumkan sebuah lampu jalanan pintar yang dilengkapi dengan teknologi 4G (SmartPole Street lighting with fully built in 4G LTE wireless technology) dan menjadikannya Los Angeles yang pertama yang menggunakan teknologi lampu jalanan pintar ini.

Lampu pintar ini (menggunakan 100 buah lampu LED) nantinya tidak sekedar untuk menerangi jalan tetapi sekaligus sebagai BTS untuk menjamin sinyal ponsel yang stabil dan jangkauan yang merata mengingat pembangunan BTS ini jauh lebih mudah dibandingkan tower BTS walaupun mungkin di satu sisi harus lebih banyak BTS kecil yang harus dibuat.

Bayangkan saja berapa banyak uang, tempat dan juga ijin yang harus diminta ketika membuat BTS tetapi dengan lampu pintar dari Philips ini, semuanya menjadi lebih mudah.

Pembangunan lampu jalanan dengan BTS ini pada tahap awal akan dibuat 100 titik dan semua penyedia layanan seluler bisa menyewanya kalau mau (tidak dikhususkan untuk 1 penyedia layanan saja).

Rencananya Philips akan terus meningkatkan jumlah BTS ini sampai 900% setelah uji coba ini berhasil.

Coba lihat foto di bawah, mana yang lebih cantik, lampu jalanan pintar dari Philips atau BTS yang besar seperti yang sering kita lihat di jalan?


Sumber berita
A better signal wherever you go. Los Angeles is the world’s first city to deploy Philips’ SmartPole Street lighting with fully built in 4G LTE wireless technology from Ericsson

Filed under: Technology

Tags: , , ,

Comments are closed.