SmartDrive MX2, mengubah kursi roda biasa menjadi kursi roda elektronik


Banyak kursi roda yang menggunakan mesin untuk memudahkan penggunanya, hanya saja kursi roda menjadi lebih besar dan berat serta harganya sangat mahal. Solusinya mungkin dengan SmartDrive MX2 yang satu ini yaitu sebuah motor listrik yang bisa digunakan di kursi roda biasa.

‚Äč
SmartDrive MX2 berukuran kecil dan ringan (hanya sekitar 7 kg) dan kita cukup memasangnya di bagian belakang kursi roda untuk menggunakannya. SmartDrive MX2 punya gelang khusus dengans sensor gerak yang berfungsi seperti sebuah remote control untuk mesin tersebut.

Penggunaannya cukup mudah, aktifkan mesin dengan menekan tombol ON/OFF kemudian cukup gerakan tangan kita seperti ketika akan menjalankan kursi roda, gerakan tangan yang cepat akan meningkatkan kecepatan dan begitu juga sebaliknya, gerakan lambat akan memperlambat laju kursi roda, untuk berhenti cukup dengan memukul perlahan bagian roda.

Mesin yang digunakan diklaim bisa membuat kursi roda berlari sampai kecepatan 9 km/ jam dan kapasitas baterai di dalamnya bisa digunakan sejauh 19 km.

SmartDrive MX2 juga bisa disandingkan dengan ponsel pintar melalui koneksi Bluetooth dan dari ponsel kita bisa mengatur beberapa setting di dalamnya.

SmartDrive MX2 rencananya akan dijual di kisaran US$ 6.000 (sekitar RP. 84 jutaan), memang engga murah tapi lebih murah dibandingkan beli kursi roda yang sudah bermesin.

Sumber berita
SmartDrive MX2 gives wheelchairs an electric boost

Filed under: Health & Medical

Tags:

Comments are closed.