Hotel Henn Na dengan pegawai robot, canggih sekaligus pelit :-)


Masih ingat dengan Hotel Henn Na yang punya karyawan robot (beritanya disini)? Sudah dibuka nih saat ini.

Banyak hal canggih yang ditawarkan oleh hotel ini tetapi juga banyak hal yang merepotkan karena hotel ini sepertinya bukan hanya fokus kepada pengurangan penggunaan pegawai saja tetapi juga pengurangan biaya lainnya yang mungkin membuat sebagian tamu jadi malas menginap di hotel ini.

‚Äč
Bicara kecanggihannya, begitu tiba di lobby kita akan disambut oleh 3 robot resepsionis dengan jenis berbeda, mulai dari humanoid robot, robot mirip Godzilla dan robot seperti pada umumnya.


Setelah itu, kita bisa menitipkan koper kita ke robot cloak room yang akan menyimpan koper kita seandainya kita masih belum mau check-in atau belum waktunya check-in tapi ini bayar loh, jarang dengar nitip koper harus bayar. :-)

Seandainya mau langsung check-in, sebuah porter robot akan membantu membawa koper kita ke kamar, tapi ini hanya berlaku bagi anda yang menginap di kelas tertentu.

Begitu tiba di depan pintu kamar sebuah pemindai wajah digunakan sebagai pengganti kunci untuk bisa masuk ke dalam kamar, jadi sudah tidak butuh lagi kunci sama sekali.

Nah yang cukup menarik lagi, Hotel Henn Na ini juga peduli terhadap beberapa hal untuk menghemat biaya seperti setiap kamar sama sekali tidak ada AC dan sebagai penggantinya mereka menggunakan teknologi yang disebut dengan Radiant Panel Air Conditioning System atau dikenal juga dengan sistim pendingin thermal, intinya dengan bantuan air yang mengalir, pipa pendingin yang ada akan mengalirkan air dingin ke dalam pipa di kamar untuk membuat ruangan lebih sejuk, sebaliknya ketika musim panas, pipa akan dialiri air panas.

Seperti terlihat kedua gambar di bawah ini, beginilah bentuk Radiant Panel Air Conditioning System

Ada lagi yang unik dan mungkin tidak nyaman, misalnya saja anda tidak akan menemukan kulkas kecil dengan alasan boros listrik dan juga tidak ada TV, sebagai penggantinya anda bisa nonton melalui sebuah tablet kecil yang telah disediakan.

Terus, jangan harap anda bisa dapatkan baju tidur (piyama/ yukata) seperti kebanyakan yangn disediakan oleh hotel di Jepang, bawa sendiri semuanya.

Kamar anda berantakan? Jangan harap ada yang bersihkan jadi harus bersihin sendiri semuanya, bisa sih suruh pegawai yang ada tapi harus bayar lagi. :-)
Handuk kotor? Kalau mau ganti harus bayar lagi sekitar Rp. 60.000.

Untuk sebuah kecanggihan dan sedikit ketidaknyamanan di hotel Henn Na ini harus anda bayar mulai dari 39.960 Yen sampai 44.000 Yen (sekitar Rp. 4.400.000).

Sumber berita
New Japanese hotel has robot staff and no room keys

Filed under: Robots

Tags: , , ,

Comments are closed.