Backup Memory, aplikasi untuk penderita Alzheimer


Penyakit Alzheimer yang punya efek samping akan kehilangan ingatannya secara perlahan tentu saja membuat sedih bagi anggota keluarga, bisa dibayangkan orang yang kita cintai lambat laun akan lupa terhadap keluarganya.

Samsung Electronics Tunisia (SETN) berhasil membuat sebuah aplikasi ponsel (Android) untuk penderita Alzheimer yang bisa memperlambat kehilangan ingatan.


Disebut dengan Backup Memory, aplikasi ini akan membuat penderita Alzheimer bisa memperlambat kehilangan ingatan dengan cara menampilkan foto atau video ketika ada anggota keluarga atau teman yang mendekatinya.

Dengan bantuan Bluetooth, ketika ada anggota keluarga atau teman yang masuk dalam jangkauan Bluetooth (10 meter) di ponsel si penderita Alzheimer, otomatis ponsel akan menampilkan notifikasi di ponsel penderita kemudian menampilakan foto atau video sehingga si penderita bisa terus mengingat anggota keluarganya.

Backup Memory bisa aktif apabila keduanya memang menjalankan aplikasi yang sama dan mendaftarkan seluruh anggota ke dalam aplikasi ini.

Cara ini memang dianggap salah satu cara paling ampuh karena memang menurut penelitian, penderita Alzheimer harus terus diingatkan secara terus menerus terhadap sesuatu sehingga tidak akan lupa.

Sejauh ini pula percobaan yang dilakukan kepada penderita Alzheimer di Tunisia sana membuahkan hasil yang cukup baik, apalagi kalau cara ini memang tidak membutuhkan biaya besar, kami rasa memang wajib dicoba.

Backup Memory sudah bisa didownload di Google Play tapi sayangnya baru ada bahasa Inggris dan Perancis.

YouTube Preview Image

Sumber berita
Samsung Volunteers in Tunisia Develop App for Alzheimer’s Patients

Filed under: Health & Medical

Tags: , , ,

Comments are closed.