Fujitsu mengembangkan teknologi pemindai retina untuk ponsel dan tablet


Ponsel saat ini banyak menyimpan data penting sehingga sistim keamanan terus ditingkatkan dan terakhir banyak ponsel yang sudah punya teknologi fingerprint reader (pembaca sidik jari), apakah itu cukup?

Fujitsu saat ini sedang mengembangkan teknologi baru yaitu pemindai retina mata (iris authentication) yang ditanamkan dalam sebuah ponsel atau tablet untuk melindungi ponsel, terutama data agar tidak mudah dicuri.

Di ponsel nantinya akan terdapat infrared camera dan infrared LED untuk membantu pemindaian retina mata dan teknologi Fujitsu ini diklaim bisa memindai mata dari jarak cukup jauh atau tidak harus dalam jarak 10 cm seperti teknologi pemindai mata yang ada saat ini, coba lihat video di bawah ini, bisa dipastikan kita tidak perlu terlalu mendekat ke ponsel ketika melakukan pemindaian.

Dengan adanya teknologi ini, kita bisa melakukan banyak hal mulai dari lock/ unlock ponsel, login ke website atau belanja online tanpa harus memasukkan password atau kartu kredit lagi.

Fujitsu sendiri mengklaim bahwa teknologi ini akan bisa siap digunakan dalam waktu 1 tahun yang artinya nanti ponsel bisa punya teknologi ini.

Kalau ditanya mana yang lebih baik antara pemindai mata dengan sidik jari, Fujitsu bilang kalau pemindai retina mata lebih tidak repot, kalau sidik jari agak repot, misalnya kalau di Jepang sana musim dingin berarti harus pakai sarung tangan, nah gimana mau dipindai jarinya kalau ada sarung tangan? :-)

Oh iya, sebenarnya ponsel ZTE Grand S3 juga punya teknologi sejenis tapi metodenya beda dan Fujitsu mengklaim teknologi mereka bisa melakukan pemindaian jauh lebih cepat.

YouTube Preview Image

Sumber berita
Fujitsu Develops Prototype Smartphone with Iris Authentication

Filed under: Computers & Accessories, Phones, Security, Technology

Tags: , , ,

Comments are closed.