Bangun rumah dengan printer 3D, mungkin sebentar lagi bisa dilakukan


Printer 3D bisa membuat rumah anda? Mengapa tidak?

Andrey Rudenko berhasil membuat sebuah puri kecil di belakang rumahnya yang merupakan hasil dari sebuah printer 3D yang dimodifikasinya dan butuh waktu 2 tahun untuk menciptakan printer 3D berukuran besar ini.


Modifikasi tidak sekedar membuat printer 3D bisa mencetak dalam ukuran besar tetapi printer 3D modifikasi ini menggunakan bahan semen sebagai bahan utamanya dan bukan plastik seperti yang digunakan di printer 3D biasanya.

Proses pembuatannya sendiri tidak berbeda dengan printer 3D biasa dimana printer 3D modifikasi ini akan mengalirkan semen ke permukaan lapisan demi lapisan sehingga kalau anda lihat dinding puri sangat jelas terlihat lapisan-lapisan tersebut.

Puri kecil tersebut berukuran 3 x 5 m dengan tinggi 3,5 m dan butuh waktu 2 bulan untuk membuatnya dengan printer 3D tersebut.

Setelah keberhasilannya membuat puri kecil dengan printer 3D ini, Andrey segera akan mencoba untuk membuat sebuah rumah berukuran normal (10 x 20 m) dengan printer 3D ini bahkan dia yakin dengan penambahan rel, printer 3Dnya mampu membuat rumah dengan ukuran panjang antara 50 – 100 m.

Cukup menarik kalau nanti kita bisa buat rumah pakai printer 3D tapi ada beberapa pertanyaan yang mendasar:
- Mana biayanya yang lebih murah antara printer 3D dengan dibangun secara biasa?
- Apakah membangun dengan printer 3D lebih cepat atau sebaliknya?
- Apakah bisa punya kekuatan yang sama?


Sumber berita
3D-printed castle heralds future of click-and-print architecture

Filed under: Architectures, Technology

Tags: ,

  • Nas Aja

    Keren..