Saatnya charger notebook juga harus dibuat standar

Perlahan tapi pasti, sekarang sepertinya hampir semua ponsel sudah mulai menggunakan microUSB sebagai standar port untuk charger ponsel sebagai bagian dari tujuan mulia yaitu untuk mengurangi e-waste atau sampah elektronik.

Bagaimana dengan notebook atau laptop?

Berita baiknya, IEC (International Electrotechnical Commision) juga sedang mempublikasikan atau tepatnya melakukan usaha agar semua pabrikan notebook atau laptop bisa menggunakan charger yang sama.

Berlatar belakang yang hampir sama dengan charger di ponsel, IEC juga menemukan bahwa banyaknya sampah elektronik yang datang dari charger notebook sehingga sangatlah perlu agar charger notebook juga bisa dibuat standar sehingga semua jenis dan merek notebook masih tetap bisa menggunakan charger yang sudah ada.

Sebenarnya tidak sebatas agar charger bisa digunakan untuk semua merek notebook atau laptop tapi juga diharapkan charger lama masih bisa terus terpakai walaupun kita mengganti notebook yang lebih baru dengan merek yang sama.

Dilain sisi, IEC sendiri sebenarnya juga menyadari bahwa impian ini tidaklah mudah dan butuh waktu lama untuk bisa mewujudkannya.

Keuntungan bagi kita sebagai pengguna? Bicara kita tidak terlalu peduli dengan e-waste tersebut, mungkin harga notebook nantinya bisa berkurang karena bisa dibeli tanpa charger. :-)

 
Sumber berita
Single charger for notebook computers will significantly reduce e-waste

Filed under: Ecofriendly, Technology

Tags: , , ,

Comments are closed.