Peek: ponsel pintar yang bisa digunakan untuk alat cek kesehatan mata

Bagi warga kurang mampu dan tinggal di daerah jauh dari pusat kota, penyakit mata seperti katarak dan lainnya masih terus menjadi kendala.

Bukannya penyakit-penyakit tersebut tidak bisa diobati tetapi lebih karena akses untuk mengecek kesehatan mata masih sulit didapat.

 

Peek adalah sebuah ponsel pintar yang dapat melakukan pengecekan mata di tempat dan tentu saja mudah dibawa kemana-mana serta harganya yang murah dibandingkan alat cek mata yang ada saat ini.

Dengan bantuan ponsel yang dilengkapi aplikasi khusus dan kamera di ponsel, dokter bisa mengecek mata pasien di lokasi dan kemudian hasil serta datanya akan terlihat di ponsel.

Tidak terbatas itu saja, dengan ponsel pintar sebagai alat utamanya ini, Peek bisa memanfaatkan GPS yang ada untuk memetakan setiap pasien sehingga nantinya bila perlu tim dokter datang untuk melakukan pengobatan, lokasi pasien tentu akan lebih mudah ditemukan.

Peek diharapkan dapat berguna untuk mengurangi tingkat kebutaan karena menurut data yang ada, sebenarnya 80% dari penderita kebutaan bisa dihindari bila mereka mendapatkan akses yang mudah untuk melakukan pengecekan dini.

 
 
Sumber berita
Peek: Portable Eye Examination Kit

Filed under: Health & Medical

Tags: , , , ,

Comments are closed.