Nissan Autonomous Emergency Steering System, bisa banting stir otomatis untuk menghindari tabrakan

Teknologi keamanan di mobil yang membuat mobil bisa mengerem secara otomatis untuk menghindari tabrakan pasti sering kita dengar tetapi bagaimana dengan mobil yang bisa banting stir otomatis untuk menghindari tabrakan?

Nissan Autonomous Emergency Steering System adalah teknologi terbaru dari Nissan pada sebuah mobil yang bisa melakukan 2 hal yaitu melakukan pengereman otomatis dan banting stir otomatis.

 

Masalah pengereman otomatis tentu tidak perlu dibahas lebih jauh karena sudah banyak dimana mobil akan mengerem otomatis ketika merasa mobil di depan terlalu dekat.

Untuk banting stir inilah yang mungkin cukup baru dimana mobil akan banting stir ketika dirasakan pengereman otomatis atau manual dianggap sudah tidak bisa menghindari tabrakan.

Pertanyaannya, apakah itu tidak membahayakan apabila ada mobil atau trotoar di samping?

Jangan kuatir, sistim (disebut Electronic Control Unit (ECU)) ini dilengkapi dengan berbagai macam sensor mulai dari 1 buah radar di bagian depan, video kamera dan 2 buah radar di kanan dan kiri serta 5 buah pemindai laser yang secara keseluruhan dapat memantau seluruh kondisi di sekliling mobil.

Jadinya tidak mungkin mobil banting stir ketika ada mobil di sampingnya, sistim baru akan banting stir ketika dirasa aman.

Sejauh ini memang teknologi Autonomous Emergency Steering System masih dalam pengembangan dan kalau sudah selesai maka mobil Nissan Elgrand yang akan mencicipi teknologi ini pertama kali.

 
 
Sumber berita
Nissan Announces "Autonomous Emergency Steering System"

Filed under: Security, Technology, Vehicles

Tags: , ,

Comments are closed.