Samsung Galaxy S III Review (by Otakku)

Sistim Operasi dan Software
– Start Up
Kali ini hanya butuh waktu 25 detik saja untuk melakukan Start-Up (dihitung dari menekan tombol sampai tanda Wi-Fi atau 3G muncul).

Dibandingkan dengan Samsung Galaxy S II, Galaxy S III lebih cepat sekitar 10 detik (S II butuh waktu 35 detik).

- Android OS 4.0 dan TouchWiz UI v4.0
Lumayan banyak perubahan disini seperti adanya menu setting ketika kita menscroll down status bar di atas selain itu juga pilihan setting koneksi seperti (Wi-Fi, GPS, 3G dan lainnya) bisa scroll ke kanan/ kiri untuk memberikan lebih banyak menu ditaruh di bagian atas ini.

Bila bicara kecepatan dan kehalusan scroll dan lainnya memang lebih cepat tapi mungkin saja ini juga dipengaruhi dari prosesor yang digunakan.

- Keyboard Virtual
Tidak berbeda jauh dengan Galaxy S II untuk urusan keyboard virtual tetapi nyamannya masih sama kok.
- Video (Pop Up Play)
Jika anda masih ingat, di Galaxy S III ini ada hal baru yaitu yang disebut dengan Pop Up Play yang ada di video player dimana fitur ini bisa memunculkan apa yang sedang kita tonton di jendela lain, misalnya seperti gambar di bawah, saat ini sedang browsing "Otakku" kami juga bisa melihat video yang sedang diputar serta posisinya bisa kita pindah.
- Smart Stay
Ini juga termasuk fitur baru dimana layar akan terus menyala (aktif) walaupun kita sedang tidak menggunakannya selama memang mata kita tertuju ke layar.
Sensor akan menditeksi dengan munculnya icon mata di status bar ketika saatnya layar seharusnya sudah non-aktif (tergantung dari setting screen timeout).

Lumayan berguna, karena kadang kita sedang membaca atau nonton, daripada setting di screen timeout yang kalau kelamaan setting waktunya bisa boros baterai.

- S Voice
Yang satu ini mirip si SIRI di iPhone yaitu sebuah asisten pribadi yang bisa menjawab pertanyaan atau melakukan sesuatu di ponsel dengan perintah suara.

Yah, sama aja kaya si Siri, kadang suka ngaco. :D

– Direct Call
Seperti kami pernah bahas, fitur ini sangat berguna dimana ketika kita sedang mengetik pesan (SMS) mendadak kita memustuskan untuk menelpon saja maka dengan cara mengangkat ponsel dan mendekatkan ke telinga seperti kita mau menelpon, otomatis ponsel akan menyambungkan ke nomor yang bersangkutan.

- Foto dan Video:
Di Samsung Galaxy S III ini juga menggunakan sensor BSI yang diklaim cepat dan kualitas foto lebih baik di kondisi ruang cahaya tetapi apakah berarti hasilnya sama dengan HTC One X?

Itu nanti kami bicarakan tetapi sekarang lihat saja hasil fotonya.
Sistim flashnya juga cukup baik dan bisa menjangkau cukup jauh.

Hasil fotonya lumayan tetapi sama seperti Galaxy S II, masalah warna yang kurang "hidup" masih menjadi masalah (kontras tidak optimal) dan ternyata untuk resolusi 8 MP hanya bisa punya format 4:3 sedangkan 16:9 (widescreen) hanya bisa mencapai 6 MP.

Kesimpulan:
Belajar dari pengalaman dan kesuksesan Samsung Galaxy S II, memang banyak kemajuan terutama dalam inovasi fitur seperti Pop Up Play, Smart Stay dan Direct Call.

Penggunaan prosesor Quad Core Exynos 4 juga memberikan segalanya lebih cepat dan lancar dibandingkan dengan Dual Core.

Bicara soal harga memang relatif lebih mahal, apalagi dibandingkan Dual Core tetapi setidaknya kalau anda membeli prosesor Quad Core kami yakin setidaknya butuh waktu 1 tahun atau lebih sampai ada keluar yang lebih canggih lagi, paling juga nambah kecepatan di GHz atau mungkin adanya penambahan RAM dari 1 GB menjadi 2 GB atau lebih.

Masalah koneksi Wi-Fi yang kami hadapi sebenarnya juga cukup "mengerikan" kalau sampai tidak ada solusinya karena ini pastinya akan menjadi masalah besar bagi anda yang suka numpang sinyal Wi-Fi (orang lain).

Kendala lainnya yang agak menggangu adalah "Auto Brightness" yang selalu di set dalam keadaan default dan masalahnya membuat layar jadi agak gelap di kondisi tertentu. Tujuannya mungkin baik untuk membuat baterai lebih awet tetapi bagi sebagian orang mungkin tidak tahu kalau ternyata di video player pun sudah tersetting "Auto Brightness". :-)

Kembali pertanyaannya, perlukah Quad Core?
Itu memang kembali lagi kepada kebutuhan, kadang single prosesorpun cukup jadi Quad Core lebih baik memang pasti tapi apakah perlu, itu yang mungkin hanya bisa anda sendiri yang menjawab.

Bagusan mana HTC One X dengan Samsung Galaxy S III?
Tunggu saja review perbandingan kami selanjutnya. :-)

Coba lihat juga artikel terkait kami:
HTC One X Unboxing (by Otakku)
Samsung Galaxy S III Unboxing (by Otakku)
HTC One X Review (by Otakku)
Samsung Galaxy S III Review (by Otakku)
Samsung Galaxy S III VS HTC One X (by Otakku)

Foto diambil di luar ruangan (outdoor) dengan kondisi sedikit mendung (tidak ada matahari) (klik untuk perbesar).
Foto diambil dalam ruangan siang hari dan hanya memanfaatkan cahaya lampu dan matahari dari jendela (klik untuk perbesar).
YouTube Preview Image

Di bawah ini adalah contoh video yang diambil dengan kondisi outdoor dan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber cahayanya.
YouTube Preview Image
 
Sumber berita
Samsung Galaxy S III Review (by Otakku)

Pages: 1 2

Filed under: Phones, Reviews

Tags: , , , ,

  • Tony

    Hasil jepretan kameranya dibanding dengan XPERIA ARC bagus mana?

  • Nas Aja

    Jadi ngiler nih… :kiss: