OneID: Selamat tinggal user ID dan kata kunci yang terlalu banyak

Siapa sih yang tidak mau untuk bisa punya hanya satu User ID dan Password untuk masuk ke semua website yang butuh identitas??

Itulah kira-kira yang dijanjikan oleh OneID, sebuah website yang bisa membuat pengguna komputer untuk bisa masuk ke semua website bahkan sampai belanja hanya cukup menggunakan satu User ID dan Password.

 

Cara kerja OneID juga cukup aman karena OneID hanya bisa digunakan di gadget (ponsel, PC dan notebook) yang telah didaftarkan sebelumnya sehingga orang lain yang mencoba masuk ke akun OneID melalui gadget mereka sendiri hampir dipastikan tidak bisa.

Bagaimana kalau mendadak gadget anda hilang? Melalui aplikasi OneID Remote, kita bisa segera men-nonaktifkan akun OneID dari gadget lain yang juga sudah terdaftar, misalnya ponsel hilang, kita bisa men-nonaktifkannya melalui PC.

Semuanya serba menjanjikan tetapi karena prinsipnya sama dengan Facebook Login maka kalau website tersebut tidak menginstall script OneID maka kita tidak bisa menggunakan akun OneID.

Jadi keberhasilan OneID ini akan tergantung apakah semua website mau menggunakan OneID ini atau tidak.

Penasaran sepeti apa? Coba lihat, kami coba membayangkan kalau di Otakku juga menggunakan OneID maka ada tombol seperti di gambar bawah. :-)

 
Sumber berita
OneID: Goodbye usernames and passwords

Filed under: Internet & Web

Tags:

  • uli

    bukannya lebih bahaya kalo cuma 1 user id ya? sekalinya di jebol, maka orang bisa buka semua akun kita..??