Android 4.0 Ice Cream Sandwich di Samsung Galaxy S2 (by Otakku)

Sebenarnya agak kesal beberapa hari belakangan ini karena coba melakukan sinkronisasi antara PC dengan Samsung Galaxy S2 selalu gagal.

Kotak-katik beberapa kali akhirnya tersambung dan secara tidak sadar kami menyetujui untuk update Firmware dan ternyata itu adalah tawaran mengupdate Android OS 2.3 menjadi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Yay!!!!

 

Lupa butuh waktu berapa lama sampai selesai update tapi perkiraan kami sekitar 15 menitan deh.

Penasaran apa saja yang baru di Ice Cream Sandwich ini? Simak liputan kami berikutnya.

- Face Unlock
Kami pernah membahas fitur yang satu ini dan sempat dibanggakan oleh Google mengenai fitur pengenal wajah ini.

Kabar baiknya, memang cukup cepat fitur ini mengenali wajah kita setelah sebelumnya kita harus "merekam" wajah kita terlebih dahulu tetapi apakah aman?

Kalau kalian pernah baca artikel kami disini, bisa dipastikan dan jangan pernah berharap bahwa inilah fitur keamanan terbaik dibandingkan pattern lock dan PIN. Bahkan pada saat anda akan "mendaftar" wajah anda di situ tertulis bahwa Face Unlock tidak terlalu aman dibandingkan Password, PIN maupun Pattern Unlock.

Jadi apa hebatnya dong? Yah keren aja kali. :D

- Menu Setting
Tampilan menu Setting sama sekali berubah dimana di menu ini terbagi menjadi 4 menu menu utama dan sub menu untuk lebih memudahkan kita dalam pencarian menu setting tertentu (Wireless Setting, Device, Personal dan System).
- Data Usage
Sebenarnya ini bukan hal baru dimana kita bisa melihat pemakaian bandwidth tetapi sebelumnya kita harus menggunakan aplikasi tambahan (third application) dan di Android 4.0 inilah Data Usage menjadi standar aplikasi.
- Icon baru di Wi-Fi
Penting engga penting tetapi simbol Wi-Fi di bagian kanan atas ditambahkan dengan tanda panah atas-bawah sebagai indikator bahwa konesi sedang berjalan atau tidak.
- Running Application
Bila biasanya ketika menekan tombol "HOME" beberapa saat akan tampil sebatas icon untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan, di Android 4.0 ini ada tampilan screenshot terhadap aplikasi tersebut.

Tujuannya hanya satu, untuk melihat lebih jelas aplikasi apa saja yang sedang berjalan di "latar belakang" (background) dan lebih mudah untuk memilihnya.

- Pointer Speed
Sama seperti pada mouse/ trackpad di komputer, fitur ini juga memungkinkan kita untuk mengatur kecepatan perpindahan dari satu layar ke layar lain atau menuju ke satu titik di layar untuk lebih cepat atau lambat.

Berguna juga ternyata yang satu ini sehingga kita bisa mengatur kecepatan yang sesuai dengan keinginan kita, maklum beda orang kan beda selera.

- Browser Android
Disini juga lumayan banyak perubahan dan memang jauh lebih baik walaupun tidak sempurna karena browser baru ini tetap tidak menggunakan sistim TAB dimana menurut kami lebih nyaman tapi ini berbalik kepada selera juga sih.

Pertama ada fitur "New Incognito Window" yang bisa diartikan sama dengan Private Browsing dimana bila kita melakukan browsing di jendela Incognito ini, semua yang anda lakukan tidak akan terekam dan terlacak (cookies maupun URL). Penting bagi yang suka browsing yang rahasia. :D

Kedua adalah Quick Control pada menu Setting di Browser (Setting >> Labs) yaitu sebuah setting untuk memunculkan tanda navigasi di bagian bawah kanan dan kiri (bisa dipilih).

Coba lihat gambar di bawah, ada tanda biru kan?
Di navigasi ini terdapat 2 buah pilihan yaitu navigasi dari satu windows ke windows lain dan satu lagi untuk mengetik URL pada halaman yang sedang terbuka.

Cukup keren pada saat kita akan melakukan navigasi dari satu window ke window lain dimana akan muncul screenshot untuk setiap windows yang ada ketika kita menggeser jari kita ke atas atau bawah.
- YouTube
Ada juga perubahan tampilan yang menurut kami memang lebih nyaman untuk dilihat dan lebih mudah melakukan navigasi
- Gmail
Sedikit perubahan di tampilan dengan tujuan untuk lebih nyaman dilihat tapi tidak ada yang spesial.
- RESTART Option
Kadang kita ingin melakukan restart ponsel kan? Dan biasanya dilakukan dengan cara mematikan terlebih dahulu kemudian menyalakan kembali.

Di Android 4 ini, ketika menekan tombol "power" beberapa saat maka ada pilihan untuk melakukan RESTART.

- Resizable widgets
Ini nih seinget kami sih sudah ada sejak dulu tapi sepertinya tidak bekerja dengan baik.

Di Android 4.0 ini, melakukan pengecilan atau pembesaran widget akan jauh lebih mudah tetapi memang tidak semua widget bisa terlihat baik apabila dikecilkan atau dibesarkan

- Quick responses for incoming calls
Ada menu cepat untuk menolak panggilan sekaligus mengirim pesan kepada si penelpon apabila mungkin saat itu kita sedang rapat atau lainnya.
Kesimpulan:
Menurut kami kalau boleh jujur tidak ada yang terlalu bisa dibanggakan di Android 4.0 ini karena dari segi kecepatan pun kami tidak terlalu merasakan perbedaan dibandingkan ketika menggunakan Android 2.3.

Apakah kami salah? Engga juga sih, kalau kalian ingat gosipnya Android OS akan menghadirkan Android 5.0 Jelly Bean dimana gosipnya juga itu dilakukan karena Android 4.0 dianggap kurang berhasil. Tuh kan betul!!! :D

Jangan salah sangka, memang lebih baik dibandingkan Android 2.3 Gingerbread tetapi tidak terlalu hebat banget intinya, berbeda ketika Android 1.6 beralih ke Android 2.2 dimana aplikasi bisa diinstall ke kartu memori dan ada beberapa hal lainnya hanya saja kami lupa.

Oh iya, karena baru saja kemarin kami upgrade dan langsung dibuat reviewnya kemungkinan ada yang terlewat dan tidak kami bahas, jadi para pembaca juga disarankan untuk menyumbangkan hal-hal yang terlupakan oleh kami. :-)

Penasaran? Anda bisa coba upgrade kalau mau.
Jangan lupa untuk upgarde Samsung Kies ke 2.2.0.12014_18 terlebih dahulu sebelum anda bisa ditawarkan untuk upgrade ke Android 4.0 ini.

Tambahan:
Kalau ingin tahu lebih lengkap dan sangat amat detil, anda bisa membuka link Ice Cream Sandwich (ICS) Guide for Customers untuk Samsung GT-I9100 (aka Galaxy S2).

 
Sumber berita
Android 4.0 Ice Cream Sandwich on Samsung Galaxy S2 (by Otakku)

Filed under: Phones, Reviews

Tags: , , , ,

  • g24r

    kekurangan na ada satu lagi… masih sedikit aplikasi yang sudah compatible dengan ICS, walau bisa di akalin dengan market unlocker CMIIW

  • http://jullev.com jullev

    Kurangnya ada lagi HHq ndak support ke ICS :x :sad:

  • Kaito

    Official update kah otakku?

    Kok di Sgs II saya belum ada ya

  • Otakku

    @g24r
    So far sih tidak masalah dengan aplikasi yang sudah ada di kami sebelumnya, sayangnya market unlocker hanya bisa dilakukan dengan melakuk ROOT dan belakangan agak malas juga nge-ROOT soalnya butuh-butuh engga sih :-)

    @Jullev
    HHq apaa tuh???

    @Kaito
    Ceknya pakai FOTA atau OTA?? Kalau iya memang tidak bisa dan harus tersambung dengan Samsung Kies melakui kabel USB.

    Dan jangan lupa KIES juga harus diupdate versi barunya.

    Salam,

    Otakku.com

  • http://www.facebook.com/people/Pratama-Riyan/1615702818 Pratama Riyan

    Hadoh apa ada yang mengalami masalah yg sama dengan saya? Setelah saya update ke ICS kok aplikasi Evernote saya ga bisa kebuka yah? Mana itu aplikasi penting, soalnya buat catet-catet semuanya.

    @Otakku
    Tolong dong om. Coba instal evernote di GS2 om! Apakah bisa dibuka?
    Sedih ga bisa pake aplikasi itu.

  • Otakku

    @Pratama
    Baru coba dan engga masalah kok, sudah coba install ulang??

    Salam,

    Otakku.com

  • http://www.facebook.com/people/Pratama-Riyan/1615702818 Pratama Riyan

    wah thanks. Setelah saya instal ulang appnya. Berhasil. Kira-kira kenapa tu yah?

  • han’s

    @Otakku.com
    Saya mo’ update SGS2 saya juga….tapi sayang ama game aplikasi yg sdh ad…
    ngaruh nggak ya…?

  • Otakku

    @Pratama
    Senang bisa bantu :-)
    Biasalah, kalau masalah software cuma 3 tahap solusi:
    - restart Aplikasi
    - Restart hardware
    - Install ulang :D

    @Han’s
    Kami waktu upgrade sih engga kehilangan satu aplikasi pun tapi kalau mau aman back-up aja dulu, terutama data.

    Salam,

    Otakku.com

  • tonix

    setelah update, kok tidak bisa factory reset yah…muncul delete samsung account first….ada salusinya ? thx

  • http://www.facebook.com/people/Dhio-Dhafin-Hanandra/1605075872 Dhio Dhafin Hanandra

    bagaimana cara mengaktifkan FAce unlock ?

  • Otakku

    @Tonix
    Wah, maaf engga berani coba untuk factory reset. :-)

    @Dhio
    Setting >> Scurity >> Screen Lock, disitu ada pilihan.

    Salam,

    Otakku.com

  • on3

    @otakku

    om kaloe mau balikin lagi ke OS gingerbread gmn caranya ya, soalnya untuk gameloft selalu minta donwload gamedata, padahal sebelumnya udah ada gamedatanya. kloe di OS gingerbread, kita kopi gamedata-nya ke folder sdcar\gameloft\games\disini, langsung jalan dan ga minta download lg, tp kloe di ics ini selalu minta download, padahal gamedanya udah ane kopi. mohon sarannya om …

  • nugie

    setelah menginstall ICS, sound di tablet ko hilang. gmana ngaktifkan lagi??

  • Otakku

    @Nugie
    Coba lihat forum ini deh:
    http://www.techknow.t0xic.nl/forum/index.php?topic=1216.0

    Salam,

    Otakku.com