Layanan Cloud Computing melalui TelkomCloud, apakah berarti kita sudah siap dengan yang satu ini?

Di luar sana (bukan Indonesia) secara infrastruktur sudah siap menyambut apa yang dikenal dengan komputasi awan (cloud computing) tetapi bagaimana dengan indonesia yang koneksinya masih "anget-anget tai ayam", alias kadang mati, kadang nyala kalau engga, kadang cepet, kadang pelan??

Setidaknya optimisme dari pihak Telkom terhadap teknologi ini cukup besar sehingga baru saja mereka meluncurkan apa yang disebut dengan TelkomCloud.

 

Ada 2 layanan yang diberikan:
- Infrastructure as Service
Yang ini sih tidak terlalu spesial karena tidak berbeda jauh dengan perusahaan web server lainnya dimana TelkomCloud menyediakan layanan virtual server untuk penyimpanan data dan lainnya.

- Software as a Service:
Ini bisa dibilang baru dan secara teori sangat berguna untuk meningkatkan produktifitas.

Sederhananya kita mengganti aplikasi yang kita gunakan saat ini untuk kepentingan kerja ke sebuah aplikasi awan dengan tujuan kita bisa kerja dimanapun dan kapanpun, asal ada koneksi internet yang baik dan stabil.

TelkomCloud sendiri menawarkan 2 buah jenis aplikasi layanan, yang pertama adalah Basic Service Solution seperti email, kalender, akunting, HRD dan lainnya.

Kedua adalah Customized Service Solution yang merupakan aplikasi yang lebih spesifik terhadap bidang usaha mulai dari e-Bengkel, e-Kelurahan, e-Hotel dan lainnya.

Secara keseluruhan, kami sendiri, Otakku sangat berharap suatu saat kamipun bisa menerapkan teknologi Cloud Computing di semua aspek kehidupan tetapi di satu sisi, masalah koneksi internet itu loh yang buat kami masih agak ragu apakah Cloud Computing benar-benar bisa meningkatkan produktifitas atau malah sebaliknya.

Coba saja kita ambil contoh paling mudah, anda punya toko dan buat faktur melalui aplikasi awan tetapi mendadak internetnya pelan bahkan mati, yang terjadi antrian pembelian bukan?? :D

Yang masih penasaran apa sih Cloud Computing itu, kami pernah membahasnya disini.

YouTube Preview Image
 
Sumber berita
TelkomCloud merupakan solusi yang dihadirkan oleh Telkom Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar akan Cloud Computing di Indonesia.

Filed under: Internet & Web

Tags: , ,

  • http://www.facebook.com/people/Pratama-Riyan/1615702818 Pratama Riyan

    pelan tapi pasti

  • http://serlock-works.blogspot.com Serlock

    Dari sisi security gimana tuh? Kan data semuanya ada di server cloud. Sekali telkom cloud di hack semua data bisa bocor thu :o

  • Otakku

    @Pratama
    Maaf, Fan Page Otakku sedang masalah jadi tidak bisa balas disana.
    Kalau boleh tau, pake apa yah bukanya?? Maksud kami koneksi internet yang digunakan??

    @Serlock
    Bukan hanya Telkom aja kok, masalah keamanan data memang masih menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang dan berpikir 2 kali untuk pindah ke cloud computing. :-)

    Salam,

    Otakku.com

  • http://www.facebook.com/people/Pratama-Riyan/1615702818 Pratama Riyan

    sekarang uda normal. Dulu waktu pos komen emang load halamannya susah banget. Kalaupun bisa cuma banner paling atas yg keliatan. Waktu itu saya nyobanya pake speedy, dan smartfren sama-sama susah. Padahal buka web lain normal-normal aja. Saya pake browser Safari di Macbook Pro. Ohya, sekalian nanya, kenapa yah kok kadang-kadang halaman otakku reload/refresh sendiri? Jadi setelah klik salah satu link atau readmore setelah beberapa detik halaman siap dan mau dibaca eh kok malah refresh lagi, jadi nyari lagi tadi bacanya sampe mana. Maaf cerewet :|

  • Otakku

    @Pratama
    Kemarenan memang ada masalah tapi skrg mustinya udah normal.
    Hanya saja kalau buka di BB sekarang makin lama karena kalau pakai BB, URL kami di redirect mengingat server Otakku di lokal.

    Kalau masalah refresh baru tahu dan denger, coba nanti kami cek pakai Safari deh!!

    Engga apa apa kok, justru kami senang kalau banyak masukkan dari para pembaca, kadang kan kami sendiri engga tahu kalau lagi ada masalah.

    Salam,

    Otakku.com