Power Felt: menghasilkan energi listrik dari tubuh manusia

Masalah baterai ponsel atau gadget yang cepat habis membuat para peneliti berusaha mencari cara bagaimana bisa terus mendapatkan sumber listrik yang mudah untuk isi ulang baterai tersebut.

Banyak cara yang pernah kami bahas dan kali ini peneliti dari Wake Forest University menjanjikan sumber listrik yang bisa didapat dari panas tubuh manusia.

 

Disebut dengan Power Felt dimana di dalamnya terdapat carbon nanotubes yang dibalut dengan plastik fleksibel dan dibuat menyerupai sebuah kain biasa sehingga bisa dikenakan langsung ke tubuh manusia tanpa mengganggu kenyamanan.

Power Felt akan bekerja ketika terjadi perbedaan suhu tubuh manusia dengan suhu di sekitarnya.

Menurut mereka, Power Felt akan bekerja optimal apabila diletakkan di tempat atau bagian tubuh yang lebih cepat panas seperti pada bagian bokong anda makanya cocok banget bila Power Felt ditaruh di kursi mobil atau kantor. :-)

Sayangnya sejauh ini Power Felt hanya bisa menghasilkan sumber listrik yang relatif kecil dan bisa dibilang belum mampu untuk mengisi ulang baterai ponsel kecuali Power Felt dibuat semakin besar tetapi ini akan menjadi masalah kenyamanan.

Saat ini makanya Power Felt lebih ditujukan untuk menjalankan alat listrik yang butuh daya kecil seperti lampu senter, radio dan lainnya.

 
Sumber berita
Recharge Your Cell Phone With a Touch? New Nanotechnology Converts Body Heat Into Power

Filed under: Ecofriendly, Technology

Tags: , , ,

  • mechamaster

    Nah, kalau dijadikan bahan untuk selimut, mungkin baru efektif.