Sistim pengereman SCBS dari Mazda untuk menghindari tabrakan ketika berjalan pelan

Walaupun anda menjalankan kendaraan sangat pelan atau di bawah 30 km/ jam bukan berarti aman karena bisa saja menabrak pejalan kaki yang atau mobil yang mendadak berhenti di depan anda.

Mazda memperkenlkan sebuah sistim pengereman yang disebut dengan Smart City Brake Support (SCBS) yaitu sistem pengereman yang ditujukan untuk menghindari atau mengurangi tabrakan pada saat mobil berjalan pelan.

 

SCBS menggunakan sensor laser yang diletakkan di bagian atas kaca depan yang berfungsi untuk mendeteksi sesuatu di depannya dan  akan aktif ketika anda berjalan dengan kecepatan 4-30 km/ jam.

Ketika sensor menditeksi ada sesuatu di depannya dalam jarak tertentu maka sistim cakram rem akan otomatis memperkecil jarak cakram (brake rotor/ disc brake) sehingga pengereman akan lebih cepat walaupun anda menyentuh pedal rem tidak terlalu keras.

SCBS juga bisa secara otomatis mengaktifkan sistim pengereman ketika anda ternyata gagal melakukan pengereman sekaligus memperlambat akselari mobil.

Khusus untuk di Jepang, SCBS juga akan ditambahkan sebuah sistim yang disebut dengan Acceleration Control for Automatic Transmission dimana sistim ini akan mengeluarkan peringatan suara dan peringatan visual ketika anda coba mempercepat kendaraan dengan kondisi sebenarnya ada sesuatu di depan anda.

Sistim SCBS ini akan diterapkan di semua mobil Mazda keluaran terbaru untuk jenis SUV dan Mazda CX-5 akan menjadi yang pertama untuk punya sistim ini.

YouTube Preview Image
 
Sumber berita
Smart braking system joins list of firsts for Mazda CX-5

Filed under: Security, Technology, Vehicles

Tags: , , ,

  • husna

    Manteb neh,, buat di jalanan kota yang macet,, jadi nggk usah ngerem