TapSense: Teknologi layar sentuh yang bisa membedakan bagian jari atau benda yang menyentuhnya

Penggunaan layar sentuh di sebuah ponsel memang asik tapi kadang menyebalkan apalagi kalau yang punya jari yang besar, kadang mengetikpun seperti sebuah penyiksaan.

TapSense dari Carnegie Mellon University adalah sebuah teknlogi di layar sentuh yang sangat menjanjikan dimana teknologi ini mampu mengenali bagian jari atau benda yang  menyentuhnya.

 

Pengenalan bagian jari atau benda yang menyentuh permukaan layar bisa dilakukan dengan bantuan mic yang ada dan menganalisa suara ketika terjadi sentuhan dan dari sini, kita bisa ponsel bisa membedakan perintah sesuai dengan benda atau bagian jari yang menyentuh.

Khusus untuk pengenalan bagian jari, TapSense bisa membedakan sentuhan yang dilakukan dengan Tip (ujung jari), Pad (bantalan), Nail (kuku) dan Knuckle (buku jari).

Contoh sederhananya seperti ini bila TapSense diterapkan di ponsel;
Jika sedang melakukan pengetikan, sebagai pengganti menekan tombol DEL, kita bisa menggantikannya dengan cara menggunakan buku jari (knuckle) atau untuk menghapus hurup, bisa menggunakan bagian kuku.

TapSense sendiri memang ditujukan untuk kebutuhan diatas dimana seperti kita tahu bahwa layar ponsel yang kecil sedikit menyulitkan kita untuk menekan tombol yang ada di layar untuk mengaktifkan sesuatu.

TapSense nantinya bisa digunakan tidak sebatas untuk memudahkan pengetikan tetapi juga bisa untuk hal lainnya seperti untuk menu akses cepat (shortcut menu) dan lainnya.

Lihat videonya deh biar lebih jelas!!

YouTube Preview Image
 
 
Sumber berita
New touchscreen tech recognizes different parts of the finger

Filed under: Technology

Tags: , , ,

  • http://mankita.blogspot.com/ Tutorial Blog Terbaru

    Keren gan,,,
    hebat banget layar sentuhnya, bisa bedakan jari..

    berapa ne sob harganya?