Antena dari bahan kain yang dijahit ke pelampung

Amit-amit nih tapi kalau terjadi kecelakaan kapal tenggelam mungkin saja sebenarnya anda selamat dengan bantuan pelampung tetapi menjadi tidak selamat karena anda mengapung berhari-hari tanpa ada yang tahu lokasi dimana anda berada.

Peneliti dari European Space Agency bekerjasama dengan perusahaan Finlandia mengembangkan sebuah antena yang menggunakan bahan kain yang berfungsi sebagai antena yang bisa mentransmisikan titik kordinat ke satelit terdekat.

 

Kelebihan pada antena dengan bahan kain yang fleksibel ini memungkinkan kita dengan mudah menjahitnya di sebuah pelampung, selain itu juga ringan dan anti air.

Dengan kemampuannya mentransmisikan titik kordinat maka seseorang yang sedanng mengapung di laut dengan pelampung yang telah dilengkapi dengan alat ini akan cepat ditemukan oleh tim penyelamat (SAR).

 
Sumber berita
Waterproof fabric anntena could save people lost at sea

Filed under: Security, Technology

Tags: , , ,

  • Andy

    sama aja dong sama antena dimasukin plastic..

  • Dian Bertoni

    Keliatannya sih dinilai dari flexibilitynya, kalo diliat dari pelampung itu biasa dipake di chopper dan biasanya penumpang chopper lebih susah ditemukan kalo kecelakaan dibanding rig-offshore atau pesawat terbang.

    Flexibilitynya, tiap pelampung (orang) punya gps sendiri2x. jadi kalo selamet sendirian ato lupa bawa mobile gps ato telepon satelite… ya… kesempatan di temukan lebih besar. Tapi itu berlaku untuk luar negeri ya :| :cry:

  • Otakku

    @All
    Beda, karena yang satu ini bentuknya kecil banget tetapi kemampuan mengirim sinyal cukup baik, lagipula kaga ribet krn kaga ada bagian yang nongol kaya antenna. :-)

    Betul ata si Dian, ini lebih ke fleksibelitas.
    Maksudnya berlaku di luar negeri?? :D

    Salam,

    Otakku.com

  • Dian Bertoni

    Kenapa luar negeri?
    Yang pasti bukan masalah technical, but willing it self :!:

    Nggak usah yg ber GPS lah, yg bisa ngapung aja masih banyak yg nggak layak :| kasian kan anak orang tenggelem gara2x nggak kebagian pelampung :cry: