Aplikasi untuk mengetahui apa yang ada di dalam makanan yang kita pesan

Seringkah anda bertanya-tanya jenis makanan apa yang anda pesan, terutama ketika anda berada di sebuah negara yang menunya sama sekali anda tidak kenal karena menggunakan bahasa setempat?

Memang asik untuk coba makanan baru tetapi bagaimana kalau makanan tersebut mengandung bahan tertentu yang tidak boleh anda makan karena punya alergi?

 

Purdue University sedang mengembangkan sebuah aplikasi di ponsel/ tablet yang diberi nama Food Translator App/ menu translate.

Aplikasi ini memungkinkan kita mengetahui bahan apa saja yang ada di makanan yang kita pesan sehingga bagi yang punya alergi terhadap makanan tertentu bisa menghindarinya.

Cara menggunakannya mudah yaitu kita tinggal tulis apa yang ada di dalam menu tersebut maka dalam hitungan detik kita bisa mengetahui kandungan atau bahan yang digunakan.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah kita tidak perlu terkoneksi dengan internet tetapi sebelum bisa menggunakannya maka kita harus mendownload database yang sesuai dengan negara yang akan kita kunjungi, misal bila anda ingin ke Jerman maka harus mendownload database menu yang ada.

Di aplikasi ini kita juga bisa memasukkan jenis bahan makanan yang harus kita hindari karena alergi atau lainnya sehingga ketika hasil pencarian ditemukan dan ada bahan makanan yang termasuk dalam daftar "hitam" maka aplikasi ini akan mengeluarkan bunyi alaram.

Aplikasi ini tidak hanya sekedar untuk menghindari alergi tetapi bisa juga digunakan untuk orang yang sedang diet baik untuk kesehatan ataupun orang yang sedang sakit yang memang butuh menghindari jenis makanan tertentu.

Sayangnya mungkin aplikasi ini tidak mungkin digunakan kalau sedang berada di negara yang tidak menggunakan alphabet seperti di Thailand, Jepang maupun Korea. :-)

 
Sumber berita
Travelers’ app makes sense of foreign menus

Filed under: Health & Medical

Tags: , , ,

  • http://mankita.blogspot.com/ Blog Tutorial Terbaru

    Wah keren amat gan aplikasinya…

    mantap, tapi mahal tu yah kawan..

  • http://1h2j.gaptekupdate.com/ Satu Hati Dua Jiwa

    saya kira tadi pakai teknologi foto recognition.
    wah kalo di indonesia bakal ribet tu. ada banyak resep dari dengan nama yang sama (contoh sambel)

    salam Gaptek Update

  • viqa k-pop lovers

    wahhhhhhhhhh, keren dong tapi apa bisa kita tau misalnya ada babi dimakanan yang kita pesan ???? :?:
    bls please :smile: :grin: