Sisik ikan sebagai bahan utama untuk membuat tulang buatan

Sekarang sisik ikan mungkin tidak akan dibuang lagi kalau penelitian yang sedang dilakukan oleh grup Junzo Tanaka di Tokyo Institute of Technology.

Peneliti berhasil memanfaatkan sisik ikan utuk digunakan sebagai bahan untuk membuat tulang manusia buatan.

 

Selama ini, tulang buatan menggunakan kulit babi tetapi bahan yang satu ini beresiko karena banyak virus yang ada di kulit babi sehingga bisa membahayakan manusia yang menggunakan tulang buatan ini.

Penggunaan sisik ikan juga jauh lebih cepat untuk menyatu dengan tulang manusia (hanya 3 bulan sedangkan kulit babi 6 bulaan), lebih kuat dan pastinya jauh lebih aman karena tidak ada virus yang membahayakan manusia.

Bila penelitian ini berhasil maka nantinya akan banyak berguna terutama bagi para manula yang biasa sering mengalami tulang keropos dan lainnya.

YouTube Preview Image
 
Sumber berita
Strong Artificial Bone Made From Fish Scales

Filed under: Health & Medical

Tags: , ,

  • norman

    :sip: mantap juga nih penemuannya, btw artikel diatas yang betul “sirip ikan” ato “sirik ikan” yah hehehehehe :grin: :grin: :grin:

  • Otakku

    @Norman
    Wah, kami juga bingung nih, sirik atau sirip sih sebenarnya?? :-)

    Salam,

    Otakku.com

  • edo

    Kayaknya yg paling tepat “sisik ikan” deh… :D

  • ngajay

    sirik,sirip ato sisik ya ha5

  • Otakku

    @All
    Aduh, kenapa itu kata SISIK kaga inget yah!!
    Yup, yang bener memang sisik.

    Thanks all!!

    Salam,

    Otakku.com

  • http://www.facebook.com/people/Adrian-Ashari/1015374457 Adrian Ashari

    nice inpo om otakku!!

  • bou

    penemuan yang efektif banget! sisik ikan yang sering dibuang kalo mau goreng ikan jadi lebih bermanfaat sekarang. semoga para dokter indonesia terinspirasi dg penelitian ini……..

  • abdul

    Subhanallah. memang segala aturan Allah SWT semakin terbukti kebenaran dan manfaatnya bagi manusia >>> bahwa babi terbukti tidak layak untuk masuk ke dalam tubuh manusia