Alat kecil berteknologi RFID yang bisa menyelamatkan jiwa anda

Amit-amit sih, tetapi ketika anda mengalami kecelakaan, rumah sakit pasti butuh beberapa data mulai dari siapa anda dan juga golongan darah serta yang lainnya.

 

Yang jadi masalah, bagaimana rumah sakit bisa mendapatkan data penting tentang pribadi anda dengan cepat sehingga nyawa anda dapat tertolong.

Asahi Kensei sedang mengembangkan sebuah alat kecil dengan teknologi RFID di dalamnya yang dapat menyimpan data penting dan bisa digunakan ketika anda butuh pertolongan medis.

 

Alat kecil dengan RFID di dalamnya ini bisa langsung diakses melalui komputer atau ponsel dan akan menampilkan semua informasi tentang diri anda, khususnya golongan darah dan lainnya.

Teknologi ini sendiri memanfaatkan teknologi FeLiCa yang biasa digunakan untuk sistim pembayaran tanpa sentuh (contacless payment) sehingga diharapkan data yang ada akan bisa diakses dengan lebih mudah oleh siapapun mengingat FeLiCa sudah banyak diterapkan di berbagai perangkat elektronik seperti ponsel sampai komputer/ notebook.

Selain data seperti golongan darah, alat kecil ini juga bisa menyimpan catatan medis serta gambar X-Ray tetapi untuk gambar ini bisa dilihat dengan mengakses link yang ada.

Ukuran alat ini hanya 3 x 3 cm dan akan mulai dijual di tahun ini dengan harga US$ 25 (sekitar Rp. 200 ribuan). Engga mahal untuk keselamatan jiwa. :-)

 
Sumber berita Satu dan Dua
Mini RFID Device Stores Personal Medical Data, Makes It Instantly Accessible

Filed under: Health & Medical

Tags: , ,

  • Dian Bertoni

    Kayaknya kartu donor PMI lebih pas kalo di Indonesia deh… takutnya kitanya yg kecanggihan kalo pake RFID gitu, RS nya yg nggak sanggup :kiss: