Joe and Rika Mansueto Library: ini dia perpustakaan paling canggih

Kalau anda ke perpustakaan yang ada di Chicago Unversity mungkin akan tercengang dengan 2 hal, pertama gedungnya yang berbentuk sebuah kubah dan memanfaatkan 100% sinar matahari sebagai sumber penerangan.

Kedua, anda pasti bingung, kok yang katanya perpustakaan tapi anda tidak bisa menemukan satu buku pun di perpustakaan ini. :D

 

Disebut dengan Joe and Rika Mansueto Library, perpustakaan ini mungkin akan menjadi perpustakaan tercanggih saat ini karena semua koleksi buku mereka disimpan di dalam tanah dan untuk meletakkan dan menaruh buku semuanya dikerjakan dengan komputer dan robot.

Tempat penyimpanan buku tersebut yang terletak di dalam tanah dengan tingggi ruangan setara dengan 5 lantai dan semua buku disimpan dalam rak raksasa. Totalnya ada sekitar 3,5 juta buku.

YouTube Preview Image
Semua buku disimpan dalam sebuah wadah yang bisa menyimpan 100 buku dan wadah tersebut (total 35.000 wadah) akan diletakkan di rak raksasa tersebut dimana sebuah robot akan mengambil/ meletakkan buku berdasarkan sistim barcode.

Untuk meminjam buku anda bisa melakukannya secara online melalui komputer dan buku akan keluar ke meja khusus dalam waktu sekitar 5 menit saja.

Cara ini tentu saja bukan hanya lebih mudah dalam hal meletakkan dan mengambil buku tetapi sekaligus bisa hemat ruang sehingga menurut si pembuat, gudang buku ini bisa menyimpan 7 kali lebih banyak dibandingkan perpsutakaan dengan ukuran yang sama.

Keren? Tentu saja karena perpustakaan ini menghabiskan dana sekitar US$ 81 juta dollar (sekitar Rp. 800 milyar), tetap lebih murah sih dibandingkan gedung DPR yang baru. :D

Tambahan:
Ingin tahu kenapa nama perpustakaannya Joe and Rika Mansueto Library? Itu karena Joe Mansueto dan Rika Yoshida yang merupakan alumni dari Chicago University adalah yang menyumbang uang sebesar US$ 25 juta makanya untuk rasa "terima kasih", perpusnya diberi nama mereka. :D

Hmmm, kira-kira kalau kami sumbang lebih besar bisa diganti kaga yah namanya. :-)

 
 
 
Sumber berita
Robots, Not Humans, Retrieve Your Books at $81 Million “Library of the Future”

Filed under: Architectures, Technology

Tags: ,

  • satrio

    keren nih :sip: . coba di indonesia bisa punya ini, sepertinya tingkat membaca masyarakat bisa meningkat.

  • http://www.klikedukasi.com 170p3′x

    kereeeennn, tapi kalo ada banjir gmn y??

  • vivi rosalia

    :sip: :sip: :sip: :sip: :sip: :sip: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: