Awan buatan untuk membuat pemain sepak bola di Qatar World Cup tidak kepanasan

Walaupun Jepang menawarkan teknologi yang keren untuk piala dunia sepakbola 2022, Jepang akhirnya kalah dengan Qatar yang sudah terpilih sebagai tuan rumah di World Cup 2022.

Pertanyaannya, apa yang bisa ditawarkan oleh Qatar sebagai tuan rumah World Cup 2022? Setidaknya para pemain bola tidak akan kepanasan walaupun suhu di Qatar sangat panas.

 

YouTube Preview Image
Qatar berencana membuat sebuah awan buatan (artificial cloud) di stadium sepak bola mereka dimana awan tersebut dikontrol melalui remote control dan bisa bergerak untk menutupi arah sinar matahari supaya stadium selalu dalam posisi yang teduh.

Mirip seperti sebuah balon raksasa yang diisi dengan helium dan menggunakan 4 buah mesin yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energinya.

Biaya pembuatan awan buatan ini mencapai US$ 500.000 (sekitar Rp. 5 milyar) untuk satu unitnya.

Kurang paham? Nonton saja videonya diatas.

 
Sumber berita
Artificial clouds could help cool 2022 Qatar World Cup

Filed under: Sports, Technology

Tags: , , ,

  • Dian Bertoni

    Totally UNFAIR :!: where SPORTIVE is the spirit :|

  • Nass

    Waaw desain yg hebat..tapi harus ada antisipasi kalo kerusakan teknis awannya jatuh menimpa stadion.. :sip: :mrgreen: :kiss: :idea:

  • addoegh

    kalo kaya gini mending tutup aja trus pasang AC… maen sepak bola itu harus apa adanya… ujan, panas, salju.. merupakan tantangan tersendiri selain pertandingannya…… :cry: :cry: :cry: menggunakan teknologi tinggi yang bukan pada tempatnya….

  • Andy

    kata addoegh itu bener pemain sepak bola harus bisa bertanding di kondisi apa aja

  • Pingback: Qatar Akan Membuat Awan Buatan Untuk Piala Dunia 2022 | Blog Informasi