Langkah-langkah menggunakan 3 monitor dalam 1 komputer (by Otakku)

Beberapa waktu lalu kami pernah memberikan cara untuk menggunakan 2 monitor dalam 1 komputer, sekarang kami akan memberikan cara menggunakan 3 monitor dalam 1 komputer. :-)

Pada dasarnya tidak berbeda dengan 2 komputer, hanya saja untuk hardwarenya lumayan berbeda terutama dari segi motherboard mungkin yang sangat berbeda.

 

Sebelum anda mau menggunakan 3 komputer, berikut hardware yang dibutuhkan dan kami gunakan tetapi tentu saja boleh berbeda selama memang punya spesifikasi yang mirip.

Motherboard
Jika sebelumnya motherboard tidak terlalu penting, di setting 3 monitor ini menjadi sangat penting karena motherboard yang digunakan harus punya 2 slot PCIe untuk memasukkan 2 buah kartu VGA.

Kami sendiri menggunakan Gigabyte H55M-D2H dengan Intel Core i5 760 @2,6 GHz dan jujur saja untuk pilihan motherboard dengan 2x PCIe memang tidak banyak.

Kartu Grafis
Untuk 2 buah kartu grafis kami menggunakan Gigabyte GeForce 210 yang sebenarnya ini merupakan kartu grafis standar dan kami pilih karena pasti harganya murah dan memang kami tidak pernah main game jadi tidak masalah. :-)

Setiap kartu grafis yang kami miliki menyedian 2 buah port kartu grafis yang berbeda yaitu satu analog dan satu lagi DVI sehingga total keseluruhannya ada 2 buah analog dan 2 buah DVI. Berarti kami masih sisa 1 port lagi untuk menjadikannya 4 buah monitor. :-)

Informasi tambahan yang menurut kami cukup penting adalah ketersediaan 2 buah PCIe pada sebuah motherboard tidak selalu bahwa kita harus memilih kartu VGA dengan spesifikasi tinggi atau bahkan punya fitur SLI (Dual-Link).

Khusus untuk Motherboard yang kami gunakan, selama kartu VGA tersebut identik maka tidak masalah apakah spesifikasinya tinggi atau bahkan SLI (Dual-Link).

Monitor
Kami menggunakan 3 buah monitor yang sebenarnya kami beli secara nyicil artinya pertama punya satu, kemudian 2 dan terakhir baru 3.

Untuk monitor sendiri tidak masalah jenis yang digunakan, bisa LCD, LED atau apapun selama koneksinya cocok dengan kartu VGA.

DVI to VGA Adapter
Tergantung jenis monitor dan juga kartu VGA yang digunakan, kadang kita butuh adapter ini untuk mengkonversi sinyal DVI ke Analog.

Untuk bentuk dan cara pemasangan adapter ini bisa dilihat di artikel kami sebelumnya atau klik aja disini.

Setelah semuanya tersedia, anda hanya perlu memasangnya seperti biasa dan tidak dibutuhkan setting apapun pada sisi hardware.

Software
Dari sisi software, anda bisa melakukan setting melalui software bawaan dari kartu grafis atau bisa juga melalui aplikasi yang ada di Windows.

Ketika anda membuka setting Display maka seharusnya anda bisa melihat 3 buah monitor yang masing-masing akan tertulis model dari monitor yang ada, kecuali anda tidak install driver seperti salah satu monitor kami, maka tidak akan tertera model monitor (hanya tertulis Analog Display).

Pada aplikasi ini anda tentu bisa mengatur resolusi yang berbeda untuk setiap monitor sekaligus juga mengatur monitor mana yang akan dijadikan monitor utama.

Khusus masalah mengatur posisi monitor seperti gambar diatas, kami sedikit agak bingung dengan posisi angka sehingga kadang kursor tidak bergerak ke arah yang benar dan dalam hal ini, silahkan coba-coba dengan memindahkan monitor dari kiri ke kanan atau sebaliknya. :-)
Kesimpulan:
Banyak yang bertanya apakah 2 monitor saja tidak cukup? Jawabannya memang tergantung karena mau pakai 1 atau 4 memang tergantung sampai sejauh mana anda menggunakan komputer.

Bagi kami sendiri, jika sebelumnya menggunakan 2 monitor kemudian menjadi 3 monitor adalah karena kami merasa jauh lebih produktif dimana kami bisa bekerja dengan 3 aplikasi sekaligus di saat bersamaan.

Terlepas berapa monitor yang digunakan, kami yakin penggunaan multi monitor (2 atau lebih) akan meningkatkan produktifitas. Percaya deh!! :-)

Tambahan dan pengalaman paling bodoh :-)
Lihat kan gambar diatas dimana monitor kami yang terbaru adalah monitor nomor 2 (tengah). Karena kami tidak pernah menggunakan monitor jenis Wide, kami pikir ukuran 18,5 inch otomatis lebih besar dari yang kami punya sebelumnya (17 inch).

Ternyata ketika barang datang dan kami coba letakkan, memang lebih panjang sayangnya karena wide membuat monitor ini lebih pendek sehingga agak kurang enak dilihat. :-)

Jadi, sebaiknya anda lihat dulu deh ukuran aslinya. Kami tahu ini kebodohan kami makanya kami mau para pembaca juga jangan sampai melakukan kesalahan yang sama seperti kami. :-)

 
Sumber berita
How to Set Up Three Monitors for one computer

Filed under: How To Articles

Tags:

  • Aakveri

    Good article ….. btw , kalo motherboard kita ada vga on boardnya juga bisa pake 3 monitor….

  • Andy

    salah ketik tuh ” 3 komputer dalam 1 komputer

  • Otakku

    @Aakveri
    Kayanya sih engga bisa yah soalnya harus identik untuk VGA cardnya tapi kaga pasti juga sih!! Mungkin ada yang bisa bantu?? :-)

    @Andy
    Wah, thanks atas koreksinya.

    Salam,

    Otakku.com

  • eVan

    @Aakveri
    sepertinya tidak bisa..
    soalnya hardware yang di gunakan berbeda..
    sepengetahuan’q blom pernah ada yg pake 2 vga yang berbeda di dalam satu motherboard..
    yang ada adalah 2 vga yg identik di dalam 1 mobo…
    biasanya 2 vga tersebut jg di gabungkan jadi 1 atau kata kerennya SLI… :lol:

  • http://www.facebook.com/people/Iwan-Ng/1631387082 Iwan Ng

    kapan otakku punya 9 monitor dalam 1 PC ? kaya dipelem ‘when the eath stand still’ hehehe … keyen loh … :grin:

  • http://www.gamexeon.com Leonard Putra

    Pake kartu grafis ATi Radeon 5770 Eyefinity aja, cukup 1 VGA, motherboard cukup 1 slot PCI-e X16 dah bisa 4 monitor :D

  • Otakku

    @ eVan
    Thanks atas info tambahannya dan memang sepertinya tidak bisa untuk menggunakan VGA on board untuk yang satu ini.

    @Iwan
    Hahahaha, tidak ada pikiran kami untuk membuat 1 komputer dengan 9 monitor tetapi kalau 4 memang ada impian kami, hanya karena duit terbatas jadi dicicil. :D

    @Leonard
    Wah, harganya itu loh yang buat kami tidak bisa menggunakan VGA yang satu itu. :-)

    Salam,

    Otakku.com

  • Aakveri

    Waktu saya baca postingan otakku “2 monitor dalam 1 komputer”, kebetulan mobo saya ECS A789GM-A (AMD) punya vga on board. Iseng saya sambungkan monitor ke 3 ke VGA on board dan berhasil. Mungkin karena chipsetnya sama2 ATI Radeon kali ya? Mungkin ada yg pernah coba juga?

  • Otakku

    @Aakveri
    Wah, berarti bisa yah??

    Ayo, ada yang bisa konfirmasi masalah ini??
    Penasaran juga apakah bisa atau tidak punya 3 monitor dengan menggunakan VGA on Board.

    Salam,

    Otakku.com

  • Rico

    Pengalaman sy, bisa om..
    waktu itu penasaran pengen punya 2 monitor..
    beli VGA PCI utk monitor ke-2..
    utk monitor yg pertama tetap pake yg on-board.
    Dua2-nya bisa jalan tuh..

    (utk spec mo-bo ama VGAnya udah lupa.. pas masih jaman pentium III)

  • indra

    gaya… :)
    btw udah pake windows seven ya oom????

  • Otakku

    @Rico
    Wah bisa yah berarti, baru tau juga.

    Salam,

    Otakku.com

  • xander

    Klo dua komputer tapi satu mouse ma satu keyboard gmana ya??

  • Otakku

    @Xander
    Bisa menggunakan yang namanya KVM Switch, jadi 2 komputer (CPU) tapi hanya menggunakan 1 keyboard, 1 mouse dan 1 monitor.

    Coba klik link ini, hanya pakainya gantian dengan menggunakan tombol switch yang ada.
    http://www.belkin.com/IWCatProductPage.process?Product_Id=134809#

    Salam,

    Otakku.com

  • xareyorkx

    requestan ane mana nih yang tutor bikin web server sendiri???
    ahahahahahahaha…………….

  • Otakku

    @xareyorkx
    Hahaha, kami sebenarnya tidak punya web server kok.
    Server yang kami punya ditaruh di gedung Cyber, Kuningan sana.

    Dan semuanya sudah di setup sama mereka jadi kami hanya sebatas menyediakan hardware saja.

    Salam,

    Otakku.com

  • xareyorkx

    wah salah pengertian berarti saya…………..
    :grin: :grin: :grin: :grin:
    terima kasih otakku………

  • Otakku

    @xareyorkx
    Hehehe, tidak masalah.
    Tapi ada kepikiran juga sih buat web server sendiri dengan bantuan NAS yang kami punya, nanti coba deh kalau ada waktu. :-)

    Salam,

    Otakku.com

  • xareyorkx

    wah mantep, ditunggu ya…………….
    ahahahahahaha……….
    terima kasih.

  • totok gunawan

    met malem..,
    boz, saya punya kendala buat setting 3 monitor.,
    hardware yg saya pake HD6850, port yang saya pake : 2 DVI, dan 1 Displayport (DP), menggunakan DP to DVI adapter. monitor yang saya pake, ketiganya pake proyektor (inputnya VGA). OS nya windows XP professional. Pada OSnya hanya terdeteksi 2 monitor. mohon bantuannya…thanx

  • Otakku

    @Totok
    Ini pakai satu GPU yah?? Kalau iya, kayanya engga bisa deh utk jalanin semuanya di saat bersamaan, soalnya setahu kami ada keterbatasan sih. Coba cek di manual GPUnya deh!!

    Tapi kalau pakai 2 GPU, banyak kemungkinan juga kenapa kaga bisa, bisa dicek dengan tuker-tuker port yang ada di setiap monitor, soalnya pernah kejadian ternyata yang rusak monitornya. :-)

    Salam,

    Otakku.com

  • Totok

    maaf, saya nggak tahu pake berapa gpu. tp yang jelas, dari manualbooknya bisa digunakan sampai 4 monitor, tapi menggunakan port displayport. yang saya bingung, saya belum tahu gimana setting menggunakan displayportnto DVI converter. VGA nya ATI Radeon digital alliance HD6850

  • dean

    mau nanya, klo dual monitor or 3 monitor kan basicnya berarti 1 tampilan tapi disajikan di 2 monitor..klo mau membuka 2 program, misal di monitor 1 buka winamp,, monitor 2 buka movie maker, tapi dari 1 pc ,,bisa ga?klo bisa gmn caranya?

  • Otakku

    @Dean
    Sebenarnya itu tujuan utama dari multimonitor dimana kita bisa buka 2 aplikasi yang berbeda di masing-masing monitor sehingga kerja lebih produktif.

    Caranya sama seperti diatas atau di artikel kami satu lagi untuk dual monitor.

    Thanks!!!

    Salam,

    Otakku.com

  • azayaka

    nah sebaliknya… bisa ga? kalau 2 cpu ke 1 monitor?

  • aakveri

    Bisa aja kalo monitornya ada 2 input, D-SUB ama DVI… ntar tinggal pilih input di menu monitor antara D-SUB apa DVI… kayak pilih input di TV…

  • Baba abdul

    bukannya VGA skrg bisa 3display dalam 1VGA, khan ada satu lg tuh port HDMI?

  • Totok

    Thanx Otakku.com, sekarang saya dah bisa bikin tampilan 4 monitor, dengan cara pake VGA yg kelasnya dibawah 6850 ane, tapi pake 2 biji..,persis kayak di thread ini..,hehehehehe…, soalnya susah banget setting displayport to DVI dan HDMI dengan vga HD6850. apalagi displaynya pake proyektor analog..,,

  • Otakku

    @Baba
    Seperti Sdr. Totok bilang, menyambung monitor pakai HDMI agak menyebalkan dan tidak semudah pakai VGA atau DVI. :-)

    @Totok
    Senang bisa membantu. :-)

    Salam,

    Otakku.com

  • yayat

    gan saya punya masalah nih untuk menggunakan 3 monitor.
    Pada card saya gunakan nvidia gt630, pada card ada colokan hdmi,dvi,vga…nah saya sambungkan semua mnggunakan adaptor ke vga soalnya monitor saya menggunakan colokan vga semua…ketika setting saya hanya bisa menggunakan 2 monitor saja bila dibolak balik juga bisanya cuma 2 monitor. saya coba centreng buat 3 monitor tapi ada tulisan “This gpu supports up to 2 display”

    Tolong pencerahan untuk mengaktifkan 3 monitor saya.
    Thanks

  • Otakku

    @16f212eaad28f83d9e3f7e3e077ad639:disqus
    Itu HDMInya dipakai engga? Kalau dipakai mungkin itu masalahnya karena setahu kami VGA Card yang punya HDMI, biasanya engga bisa digunakan berbarengan dengan VGA atau DVI.

    Coba dicek deh!!

    Salam,

    Otakku.com