Teknologi lampu LED yang akan semakin hemat sampai 90%

Jika ditanya lampu apa yang paling hemat saat ini, tentu saja jawabannya LED, ada lagi engga selain itu?

Sejauh ini sih memang tidak ada tetapi peneliti dari MIT sedang mengembangkan sebuah teknologi yang membuat lampu LED semakin hemat bahkan katanya hemat sampai 65% – 90% dibandingkan LED biasa.

 

Sederhananya, teknologi ini menggabungkan beberapa sensor yang bisa mengatur tingkat terang lampu LED sesuai dengan kebutuhan (adaptive lighting system).

Teknologi yang dikembangkan atas kerjasama dengan perusahaan Philips akan dapat mengatur tingkat terang LED sesuai dengan kebutuhan misalnya bila ruangan cukup terang maka tingkat terang LED tidak perlu besar dan begitu juga sebaliknya, bila ruangan gelap, LED akan bersinar cukup terang.

Sensor yang ada juga menditeksi orang dan ketika orang tidak berada di ruangan, otomatis lampu LED akan mati dan menyala kembali bila sudah kembali.

Untuk membuat sensor bekerja, dibutuhkan sebuah kartu yang bisa anda letakkan di meja atau dimasukkan di dalam kantong, sehingga sensor bisa menditeksi arah cahaya lampu dan sekaligus mengatur tingkat terang lampu LED tersebut.

 
Sumber berita Satu dan Dua
Intelligent, Adaptive Lights Reduce Energy Use by 90 Percent

Filed under: Ecofriendly

Tags: , ,

  • Ny@mbi

    mejanya koq brantakan bgt yah, itu kantor apa kamar pribadi :lol:

  • rian

    lebih suka lampu ESL….lampu LED kan warnanya biru….

  • http://www.facebook.com/people/Muhammad-Dzulkarnain-Rofiqi/1657932205 Muhammad Dzulkarnain Rofiqi

    keren…