HDTV HD dan Full HD, pilih yang mana?

Belakangan kita pasti sering mendengar kata HD dan Full HD pada sebuah TV maupun video tetapi seberapa pentingkah fitur yang satu ini?

Seperti kita ketahui bawah perbedaan antara kedua kata tersebut ada pada resolusi dimana HD punya resolusi 1280×720 p dan Full HD punya resolusi 1920x1080p.

 

Secara teori, memang dengan resolusi baris yang lebih rapat pada HDTV Full HD (1080p) akan menghasilkan gambar yang lebih tajam dan halus dibandingkan dengan yang HD (bisa lihat gambar paling bawah).

Yang mungkin menjadi pertanyaan adalah apakah kita rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan sebuah HDTV dengan Full HD? Dan juga apakah kita bisa merasakan perbedaan tersebut??

Jawabannya iya dan tidak karena perbedaan tersebut baru bisa kita rasakan dengan adanya 3 faktor yaitu ukuran layar, resolusi dan jarak menonton. Dan kami akan menjelaskannya dengan sederhana dan singkat.

Intinya sebuah HDTV dengan layar di bawah 32 inch maka perbedaan antara HD dengan Full HD hampir dibilang tidak terlalu terlihat.

Tetapi faktor jarak juga akan mempengaruhi perbedaan tersebut dimana bila anda menontonnya dalam jarak lebih dekat maka perbedaan antara HD dan Full HD baru bisa anda rasakan. Contohnya pada grafik pertama, ukuran 50 inch akan terlihat perbedaannya bila jarak menonton sekitar 9,8 kaki (2,98m) dan semakin jelas perbedaannya pada jarak 6,5 kaki (1,98m) 

Kesimpulannya, kalau anda punya uang lebih, tentu saja lebih baik pilih yang Full HD tetapi kalau anda merasa tidak berguna dan mending beda harga tersebut dibelikan barang lain maka sebaiknya anda beli yang HD. :-)

Oh iya, melalui grafik yang ada (grafik ke-2) bisa membantu kita untuk memilih ukuran HDTV yang paling sesuai.

Catatan tambahan:
Artikel ini juga bisa menentukan dalam memilih sebuah camcorder loh karena seperti kita tahu bahwa belakangan banyak camcorder dengan HD dan Full HD.

Dan sebagai informasi tambahan, kemarin kami sempat cek kamera mirrorless Sony NEX dan ternyata perbedaan antara seri NEX 3 dengan NEX 5 sekitar 1 juta hanya karena NEX 3 hanya bisa rekam HD (720p) sedangkan NEX 5 bisa rekam Full HD (1080p). Nah pilih yang mana??

 
Sumber berita Satu dan Dua
1080p Does Matter – Here’s When (Screen Size vs. Viewing Distance vs. Resolution)

Filed under: Home Entertainments, How To Articles

Tags: ,

  • rian

    kok beda banget ya gambar atas n bawah???
    yang diatas masih keliatan kotak2nya…padahal dilihat dari dekat..(ada hubungannya gk y?)
    btw nice inpo :sip:

  • Otakku

    @Rian
    Gambar tersebut adalah contoh jika dilihat dalam jarak tertentu jadi tidak ada pengaruhnya bisa dilihat di komputer. Ini untuk membuktikan memang bahwa Fill HD lebih maknyus!!! :D

    Salam,

    Otakku.com

  • xareyorkx

    mantep………….
    bisa dijadiin acuan nih buat yang laen……………
    :sip: :sip: :sip: :sip:

  • http://www-ptcsites.blogspot.com/ antares

    ane pilih yg full HD ae ya… tp entah kapan bisa beli tuh tipi :cool:

  • yahyaDoank

    full HD lah.. dr nama’a juga udah ketauan.. hhe..

  • k03nc03nk

    “Seperti kita ketahui bawah perbedaan antara kedua kata tersebut ada pada resolusi dimana HD punya resolusi 1280×720 p dan Full HD punya resolusi 1280×1080p.”

    Koreksi utk otakku
    Resolusi untuk HD adalah 1280 x 720 pixel (720p) sedangkan resolusi untuk Full HD adalah 1920 x 720 pixel (1080i/1080p).
    Sumber : wikipedia

    dari melihat jumlah pixelnya sudah langsung ketahuan mana yang lebih bagus kualitas gambarnya, apalagi jika menggunakan tv berlayar lebar (minimal 32 inch)

  • Otakku

    @k03nc03nk
    Sip, thanks atas koreksinya, maklum lupa, jarang tulis depannya. :-)

    Salam,

    Otakku.com

  • http://tulisidemu.blogspot.com wahyu

    nais inpoh……
    :sip: