Earthquake Detector Robot: memberitahu adanya gempa 3 jam lebih awal

Hiren Patel dan beberapa murid dari JT Engineering College di Gujarat, India mengklaim telah menciptakan sebuah robot untuk menditeksi gempa bumi (earthquake) yang disebut dengan Earthquake Detector Robot.

Dengan menggunakan 2 transmitter (sensor) yang diletakkan di dalam perut bumi (tidak dijelaskan seberapa dalam) serta sebuah receiver yang diletakkan di dalam robot maka bila terjadi tanda-tanda gempa bumi, robot akan mengeluarkan bunyi alaram.

 

http://www.dailymotion.com/video/xc2mys
Kedua sensor yang ada bisa menditeksi perbedaan suhu dan tingkat air dan dengan koneksi internet hasil pengukuran tersebut akan dikirimkan ke si robot.

Mereka mengklaim bahwa robot ini bisa menditeksi datangnya gempa 3 jam lebih awal sebelum gempa terjadi sehingga memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

3 jam memang menurut kami tidak lama tapi waktu yang cukup untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sebenarnya robot itu boleh dibilang tidak berbuat apa-apa atau bisa juga kan digantikan dengan komputer biasa. :-) Anyway, still good innovation!!!!

 
Sumber berita Satu dan Dua
Indian students develop an earthquake detecting robot

Filed under: Robots

Tags:

  • joe

    jadi ingat ama film 2012, di situ jga penelitinya org India yg prtma kali mngetahui bhwa gmpa bsarnya dtg… :lol: :lol: :lol:

  • http://id.jabunta.com roded

    pastinya sangat membantu untuk mempersiapkan diri sebelum terjadi gempa…apalagi klo gempa yang bisa memicu tsunami

  • Dian Bertoni

    Film 2012 :?: kalo soal India tuh yg paling cocok di Film Transformer # 1 :!:

    Earthquacke Detector :?: bisa diuji kebenarannya nggak tuh :?: jangan cuman “IMAJINASI” doang macem JPU nya pak Antasari :shock:

    –Dengan menggunakan 2 transmitter (sensor) yang diletakkan…..—-

    kenapa nggak kayak gini:
    –Dengan menggunakan 2 Sensor + Transmitter (peraba & pengirim) yang diletakkan…..—- :?:

    Bukannya pesimis ama ni India, tapi a..mi.n. karena seperti yg kita tau, hampir semua alat deteksi sudah tercipta buat si jagad ini.. BUT NOT EARTHQUACKE :!: masih pesimis :|

    Kalo western + japan mungkin lah :kiss:

  • http://chairila06.student.ipb.ac.id chai

    hebat bener nih…. di uji coba di indonesia bagus kali ya :grin:

  • http://muhammadr06.student.ipb.ac.id ridwan

    hebat.. iya jaya filem 2012

  • http://tric06.student.ipb.ac.id/ utari

    bisa sangat membantu sekali robot tersebut, coba aja bisa ada di Indonesia, semoga aja ada deh!! Amiin :|

  • https://mutiarar06.student.ipb.ac.id Mutia

    Nah ini yang diperluin di indonesia.. Andaikan bisa ngasi tau 1 hari sebelumnya pasti bakal lebih oke lagi..