Cloud Computing: sudah siapkah anda memasuki era yang satu ini?

Kita mungkin akan sering mendengar tentang "Cloud Computing" nantinya dan ada kemungkinan besar era Cloud Computing akan menjadi sebuah tren di masa depan atau bahkan dalam waktu dekat.

Sebutan Cloud Computing digunakan untuk pengguna komputer yang  melakukan seluruh aktifitasnya di dunia maya/ internet. Yang dimaksud disini bukan bicara hanya browsing atau email saja tetapi lebih dari itu.

 

Sederhananya, Cloud Computing mirip dengan konsep yang ditawarkan oleh Google Chrome OS dimana semua aktifitas dilakukan melalui browser.

Nantinya, setiap orang mulai mengerjakan pekerjaan yang biasa dilakukan di kantor dengan menggunakan aplikasi akan beralih ke aplikasi online dan termasuk menyimpan datanya di online storage sehingga di komputer sendiri akan terlihat kosong karena tanpa aplikasi maupun data.

Beberapa keuntungan dari Cloud Computing:
– Tidak perlu beli aplikasi lagi karena sudah tersedia di internet seperti beberapa diantaranya pernah kami bahas yaitu ZOHO dan Sumo Paint.

– Tidak perlu kuatir akan semakin bertambah banyaknya data karena biaya online storage bisa selalu disesuaikan dengan kebutuhan tanpa harus membeli hardisk baru dan yang pasti tidak takut akan hardisk rusak dan lupa backup (biasanya mereka mempunyai backup yang baik).

– Kita bisa kerja di komputer manapun tanpa harus terikat dengan satu komputer karena semua aplikasi dan data yang dibutuhkan ada di internet. Dalam hal ini, perusahaan bisa menghemat banyak uang dalam hal pengeluaran terhadap aplikasi maupun besar hardisk.

Tentu ada keuntungan juga ada kerugian, misal:
– Sangat tergantung pada koneksi internet, tanpa internet berarti tidak bisa kerja

- Aplikasi dan penyimpanan data online sangat tergantung pada pihak ketiga yang berarti bila server mereka sedang "down" berarti anda tidak bisa kerja/ mengakses situs mereka

- Kepercayaan, apakah anda sudah siap untuk mempercayakan data penting perusahaan kepada pihak ketiga? Dan mungkin faktor ini yang paling mengkuatirkan. Tetapi di lain sisi, mungkin memang lebih baik mempercayakan data penting kepada pihak ketiga dibanding kepada karyawan anda sendiri, betul engga?? :D

Dari semua keuntungan dan kerugian yang ada, mau tidak mau kita sudah harus siap menghadapi era Cloud Computing makanya tidak ada salahnya kita mengetahui hal ini lebih awal. :-)

 
Sumber berita
Report: How risky is cloud computing?

Filed under: Internet & Web

Tags: ,

  • jankrix

    ermmm..yang diatas tu bukan definisi cloud computing tapi salah satu contoh…

    cloud computing tu arti sebenernya adalah suatu konsep dimana user tu ga perlu berurusan sama technical stuff, nah…technical stuff ini berada di satu layer yang namanya cloud. Salah satu tekniknya adalah menggunakan internet sebagai cloud nya.

    Chrome OS dan Eye OS adalah contoh webservice yang menggunakan konsep cloud computing, tapi ada juga yang namanya software service yang uda lebih dulu hadir sekitar taon 2005, selain itu ada juga Microsoft Office 2007 Online yang mirip2 sama google chrome cuman lebih ke arah application based, ada juga oracle console, dll.

    Kegunaan Cloud computing sebenernya lebih ke arah mobility dan cost effectiveness, dan juga tentu nya bagus buat orang tua yang mau make komputer tapi nda ngerti cara make nya.

    Kita baru mengenal Chrome OS yang notabene gratis, reliability nya kita masih gak tau, tapi kalo untuk corporate yang make Software Service Microsoft kan bayar mahal tu, mau gak mau pasti reliable

    Cloud computing sendiri mulai marak digunakan sekitar taon 1999-2000 dan mulai booming sekitar 3 taon yang lalu

  • http://febrieko.net febrieko

    kalo semua online di internet kira kira bw minimumnya berapa? meskipun gratis untuk negara yang internetnya masih mahal akan sulit untuk pengaplikasiannya :D

  • Otakku

    @All
    Sesuai judul dan pertanyaan kami, apakah kita sudah siap? sepertinya belum kali yah mengingat koneksi internet kita juga masih lambat dan tidak stabil pula.

    Yang akan terjadi bukannya produktif malah menghambat. :D

    Salam,

    Otakku.com