Green Tomorrow House: rumah yang tidak butuh PLN dari Samsung

Ah, seandainya saja kami punya rumah seperti ini sekarang, pasti kami tidak akan benci dengan PLN yang belakangan ini "rajin" mematikan lampu di area rumah kami.

Samsung C&T telah membuat sebuah rumah yang sering disebut "Zero-Energy" house dimana rumah ini tidak butuh PLN sama sekali.

 

Rumah contoh yang diberi nama Green Tomorrow dengan luas 400 m2 dibangun di Yongin, Gyeonggi, Korea ini mempunyai sekitar 68 fitur yang ramah lingkungan dan hemat listrik.

Sistim yang ada membuat rumah ini bisa hemat listrik sampai 56% dibanding rumah biasa dan sisanya 46% menggunakan sumber listrik yang didapat dari 176 panel surya yang dipasang di bagian atap dimana dalam setahun bisa menghasilkan listrik sampai 21 megawatts.

Bagian jendela rumah menggunakan 3 lapisan yang dapat menahan udara panas masuk ke dalam sedangkan lampunya menggunakan lampu hemat energi seperti LED.

Untuk biaya pembangunan rumah ini dibutuhkan biaya sekitar Rp. 85 juta – 130 juta untuk per 3,3 m2 atau Rp. 30 jutaan untuk 1 m2.

Yup, selalu tidak pernah murah untuk sesuatu yang berbau ramah lingkungan, bandingkan biaya di Indonesia yang biasanya kena antara Rp. 3-5 jutaan per m2. :D

 
Sumber berita
Eco Homes: Samsung C&T unveils zero-energy Green Tomorrow House

Filed under: Architectures, Ecofriendly

Tags: , ,

  • cynk_ve

    ah….seandainya saja rumah di desa Q seperti itu semua……
    pasti akan mengurangi biaya kehidupan kami

  • mike

    @cynk_ve

    Betul, tetapi biaya membangun rumah hemat energi ini jg sangat mahal..

    Semoga dengan seiring berjalannya waktu teknologi ramah lingkungan menjadi semakin murah, seperti komputer.

    Jaman dulu, memory 2 MB aja udh mahalnya minta ampun. Sekaranf Flash Disk udh 2GB :mrgreen:

  • http://www.ps-reload.com pulsa murah

    ya itu kapan kita nunggu harga panel surya seperti satu bungkus rokok per meternya, kalau murah pasti ane juga pengen lha wong tiap minggu aja mati lampu padahal bayar listrik gak pernah telah hayo kalau gitu siapa yang salah :roll:

  • http://www.mediaprapatan.co.cc donuts

    wah.. aku selalu pengen punya rumah ramah lingkungan kayak gitu.. tapi kapan kebeli ya.. buat beli rokok aja susah…

  • Otakku

    @All
    Selama tidak ada campur tangan pemerintah untuk memberikan insentif atau subsidi maka penggunaan energi alternatif di Indonesia pasti akan semakin sulit untuk terealisasi dalam waktu dekat.

    Aneh memang, di satu sisi PLN sudah kewalahan untuk menyediakan listrik tapi mereka dan pemerintah tidak mau mencari solusi lainnya. Nasib!!!

    Salam,

    Otakku.com

  • http://www.cctvcameraindonesia.com CCTV Camera Indonesia

    Rumah yang ramah lingkungan neh…
    Bagus….

  • http://yogieza.wordpress.com yogieza

    mungkin kalau di Indonesia bisa mengimplementasikannya. lebih murah lagi & bisa diakalin :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  • edo

    go greenn…salute