Wi-Fi 802.11n sudah resmi loh sekarang!!

Setelah menunggu lama, akhirnya teknologi Wi-Fi jenis "n" sudah resmi diluncurkan dimana sebelumnya masih sebatas "draft".

Bagi anda yang ada rencana untuk membeli Router, notebook atau lainnya yang berhubungan dengan koneksi Wi-Fi kami sarankan untuk menunggu sebentar lagi untuk memiliki produk dengan sertifikasi 802.11n yang resmi.

Keuntungan dari 802.11n adalah kecepatan transfernya yang bisa mencapai 600 Mbps, bandingkan dengan 802.11g hanya 100 Mbps.

Walaupun sebenarnya sudah banyak alat yang mendukung 802.11n tetapi sebenarnya itu masih belum resmi dan boleh dibilang belum optimal dibandingkan dengan produk yang nantinya sudah bersertifikasi "n" secara resmi.

Tetapi jangan kuatir kok, tergantung produsen alat yang bersangkutan, kemungkinan besar kita bisa mengup-grade firmwarenya dari "Draft N" ke "N" yang resmi.

Dan bagaimana dengan rencana upgrade itu sendiri? Perlukah kita meng-upgrade dari versi b/g ke n? Sebenarnya tergantung kebutuhan, kalau selama ini anda sudah merasa cukup maka tidak perlu, sebaliknya kalau memang koneksi Wi-Fi biasa anda gunakan untuk nonton film, mungkin ini perlu dilakukan.

Yang harus diingat, upgrade router dari jenis b/g ke "n" tidak akan berguna bila notebook atau komputer anda tidak diup-grade ke "n" juga. :-)

Mungkin sebelum upgrade, anda bisa mencoba untuk mengoptimalkan Wi-Fi yang ada dengan membaca artikel kami tentang 10 cara untuk memperkuat sinyal WiFi.

 
Sumber berita
Superfast Wi-Fi Standard 'n' Official: Consumer FAQ

Filed under: Technology

Tags:

  • http://ismailkarim86.wordpress.com ismail

    :smile: hbt yah… perkmbngn IT pesat skli

  • http://cctvcameraindonesia.com CCTV Camera Indonesia

    Koq nggak tercantum harganya mas???

  • Wisnu Aji

    :shock: waw…!!! cepet bgt ya…… tapi sayang, kecepatan internet di Indonesia belum sampe 100Mbps, apalagi 600Mbps??? apa bedanya klo kecepatan internetnya hanya 2Mbps??? :roll:

  • Otakku

    @Wisnu
    Kecepatan di n ini sebenarnya bukan untuk internet saja tetapi untuk file sharing atau nonton video terutama.

    Salam,

    Otakku.com

  • Wisnu Aji

    oooohhhh…. baru tw aja Q, makasih lho otakku.com, makin lama makin canggih aja yaw!!!

  • https://mutiarar06.student.ipb.ac.id Mutia

    wowo harganya berapaan ini? Dengan internet di indonesia kira2 apa akan maksimal?