Setelah Bike Sharing, sekarang ada juga Car Sharing di Jepang

Sebelumnya kami pernah membahas tentang Bike Sharing yaitu sebuah sistim penyewaan sepeda untuk menghemat biaya transportasi plus badan juga sehat. Dan ternyata sistim berbagi (sharing) ini juga mulai memasuki industri penyewaan mobil.

Di Jepang, salah satu perusahaan penyewaan mobil, Orix Car Sharing melakukan sistim yang hampir sama dengan Bike Sharing kecuali yang disewa bukan sepeda melainkan mobil.

Sebagai pengingat, dengan sistim Car Sharing, para penyewa tidak perlu repot untuk membawa kembali mobil yang disewa ke tempatnya tetapi cukup menaruhnya di tempat yang telah disediakan yang biasanya berlokasi di daerah-daerah pusat perbelanjaan maupun perkantoran.

Untuk menggunakan jasa Car Sharing ini, kita diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu di perusahaan yang bersangkutan yang kemudian nantinya akan diberikan sebuah kartu anggota yang juga berfungsi untuk membuka pintu mobil pada saat kita akan meminjam mobil tersebut.

Apa keuntungannya?? tentu saja akan lebih hemat dibandingkan menggunakan mobil sendiri mengingat kita tidak perlu dipusingkan dengan masalah perawatan mobil dan lainnya.

Menurut perhitungan, setidaknya keluarga di Jepang bisa hemat sampai 55.000 Yen per bulan (sekitar Rp. 5.500.000) dengan perhitungan setiap hari mereka menggunakan mobil sewaan selama 2 jam.

Sebagai informasi tambahan, Orix menerapkan biaya standar sebesar 2.980 Yen (sekitar Rp. 300.000) untuk biaya bulanan, biaya pemakaian per 15 menit sebesar 160 Yen (sekitar Rp. 20.000) ditambah 19 Yen (sekitar Rp. 250) untuk biaya per km.

 
Sumber berita
Car sharing in Japan

Filed under: Vehicles

Tags: ,

  • ia

    klo bensinnya abis sapa yg mw bliin yak?? :shock:

  • Otakku

    @Ia
    Iya juga yah!!! Tapi mungkin ada yang ngecek kali. :mrgreen:

    Salam,

    Otakku.com

  • http://www.rumahparfum.com RumahParfum

    bagaimana kalau diterapin di Indonesia? :mrgreen: