Opera Unite: sebuah web server di dalam browser

Opera Unite adalah sebuah browser yang pasti banyak ditunggu bagi orang yang suka berbagi file, terutama file/ foto dalam ukuran besar.

Dengan Opera Unite maka kita bisa berbagi file secara langsung dari komputer ke komputer tanpa harus repot dengan setting yang ribet atau harus melalui pihak ke-3 yang kadang agak beresiko takut diambil.

Sebenarnya Opera Unite adalah salah satu fitur yang ada di dalam versi Opera 10 yang masih dalam tahap BETA. Dengan mengaktifkan fitur ini, otomatis kita bisa berbagi file atau foto dengan teman maupun keluarga melalui web.

Setelah kita men-set file/ folder apa saja yang ingin dibagi pakai (share) maka pada kolom kanan akan ditampilkan sebuah URL yang nantinya akan kita kirim ke teman/ keluarga.

Untuk keamanan sendiri, kita bisa men-set file folder tersebut dengan kata kunci (password) sehingga hanya orang tertentu yang bisa membukanya.

Di dalam Opera Unite ini juga terdapat beberapa fitur tambahan selain berbagi file seperti Fridge yaitu memungkinkan komputer lain bisa meninggalkan pesan di komputer kita, The Lounge yaitu sebuah fasilitas chat secara langsung dengan komputer lain serta Web Server dan lainnya.

Mungkin yang menjadi pertanyaan mendasar adalah apa bedanya dengan aplikasi berbagi file yang sudah banyak beredar? Mungkin tidak ada tetapi bedanya Opera Unite sangat mudah digunakan bagi orang awam sekalipun.

Kami bahkan sudah mencobanya dan sekarang sudah terbayang apa saja yang kami lakukan dengan aplikasi ini seperti minta lagu ke teman yang banyak koleksi lagunya, foto dan lainnya. :-)

Masalahnya mungkin adalah masalah keamanan dan juga komputer harus terus dalam keadaan nyala pada saat komputer lain ingin mengambil file dari komputer anda.

Saat ini Opera Unite sudah bisa didownload disini dan sudah tersedia untuk sistim operasi Windows, Mac dan Linux/ Unix.

 
Sumber berita
Opera Unite: Web server on the Web browser

Filed under: Internet & Web, Useful Software

Tags:

  • Wisnu Aji

    Minta Opera Unite… :cry: koq ga d tempat downloadnya…? :?:

  • Otakku

    Dear Wisnu,
    Ada kok, tapi kami kasih deh nih :-)
    http://labs.opera.com/news/2009/06/16/

    Mantap deh pokoknya!!

    Salam,

    Otakku.com

  • Wisnu Aji

    Makasih…. :grin: