Teknologi i-stop dari Mazda dapat menghemat BBM sampai 12%

Produsen mobil Mazda akan memamerkan mobil seri terbaru dari Mazda3 di pameran mobil di Geneva International Motor Show 2009 yang berlangsung dari 3-15 Maret 2009.

Seri terbaru Mazda3 ini akan mengusung sebuah teknologi yang disebut i-stop dimana teknologi ini dapat menghemat bahan bakar pada saat mobil berhenti di lampu merah (atau macet).

Dengan teknologi yang hampir sama dengan teknologi Hybrid (kecuali tidak menggunakan "electric motor"), mobil ini akan mematikan mesin secara otomatis pada saat berhenti di lampu merah dan otomatis menyala kembali bila ingin berjalan.

Pihak Mazda mengatakan dengan teknologi i-stop ini, pengguna dapat menghemat bensin sampai 12% untuk pemakain di dalam kota.

 
Sumber berita
Mazda will show Mazda i-stop Mazda3 MPS at the 2009 Geneva Motor Show

Filed under: Ecofriendly, Vehicles

Tags: ,

  • Wisnu Aji

    :roll: start-stop itu apakah mematikan mesin dengan kunci kemudian kita menyalakan kembali? apakah ga membuat aki/staternya rusak karena sering2 digunakan? setau saya itu kurang baik…. bagaimana menurut otakku.com ?

  • Otakku

    @Wisnu
    Setahu kami dengan sistim terbaru maka “Start-Stop” disini tidak akan berakibat terhadap kerusakan dari aki/ starter tapi kalau bicara “Start-Stop” dengan cara manual, mungkin saja, seperti yang dilakukan di Jepang.

    http://www.otakku.com/index.php/2009/05/14/teknologi-stop-start-manual-sudah-dilakukan-di-jepang/

    Salam,

    Otakku.com

  • http://www.facebook.com/people/Andriano-Aldo/1536950718 Andriano Aldo

    kalo berhentinya cuma sebentar gimana dong? bukannya lebih boros? jadi misalnya, kita berhenti di lampu merah 5 detik, trus jalan lagi. berarti lebih boros dong. kan tiap kali kita men-starter mobil, mesin mobil membutuhkan lebih banyak bensin