Voltree Power: teknologi untuk mencegah kebakaran hutan

Andai saja setiap pohon di hutan Indonesia dapat "berteriak" bila terjadi kebakaran (baik disengaja maupun tidak), tentu hutan Indonesia tidak banyak yang gundul.

Dan andai saja, pemerintah punya uang (dan niat untuk melindungi hutan) untuk membeli Voltree Power, pasti banjir jarang datang setiap tahunnya.

Voltree Power adalah alat sensor yang ditanam di bagian akar pohon yang dapat memberikan data secara berkala dan "real-time" ke jaringan (network) nirkabel (IEEE 802.15.4). Sensor yang ada dapat mengukur suhu, kelembaban dan juga radiasi.

Kehebatan alat sensor yang satu ini adalah baterainya yang tidak perlu diisi ulang (recharge) karena sumber dayanya didapat dari pohon itu sendiri.

Voltree Power juga akan mengirim sinyal segera bila menditeksi kebakaran hutan. Mungkin sedikit terlambat pada saat terjadi kebakaran tetapi tentu teknologi ini bisa mengurangi kebakaran hutan yang meluas.

Sayangnya tidak dijelaskan, apakah Voltree Power juga bisa menditeksi pembalakan liar. Kalau bisa, pasti ini bisa lebih menyelamatkan hutan di Indonesia. :D

 
Sumber berita
Trees To Sense Nukes, Scream For Help During Forest Fires

Filed under: Ecofriendly, Technology
  • g

    :arrow: :?:

  • tejo

    ijin copas bos…

  • Otakku

    @Tejo
    Silahken!!! :-)

    Salam,

    Otakku.com