EcoJohn: toilet yang tidak membutuhkan air sama sekali

Tahukah anda berapa liter air yang keluar dari toilet setelah melakukan BAB (buang air besar)? Setidaknya 6-18 liter kita buang dan bila ditotal selama setahun? hitung saja sendiri.

Jika anda salah satu orang yang peduli dengan lingkungan maka pilihlan produk toilet seperti EcoJohn.

Ecojohn adalah toilet yang tidak perlu menggunakan air sama sekali dan sebagai penggantinya, EcoJohn akan membakar semua "benda" yang masuk ke dalam toilet ini.

Cara kerjanya, setelah anda melakukan BAB, tutup toilet tersebut dengan penutup yang ada, kemudian akan keluar semacam bor/ ulir yang akan membawa semua kotoran ke dalam wadah pembakaran (burn chamber) dan membakar semuanya itu sehingga akan berubah menjadi abu (ashes).

Dengan cara pembakaran seperti ini, bila dalam satu rumah ada 4 orang maka dalam kurun waktu 1 1/2 tahun, abu yang dikumpulkan hanya sekitar ukuran 1 buah gelas saja. :-)

Walaupun dalam proses pembakaran akan menghasilkan sedikit asap tetapi tidak perlu kuatir karena asap yang keluar tersebut sudah tidak berbahaya (bau) karena telah menjalankan proses filterisasi yang sangat baik.

Okay, mungkin yang terpikir adalah terlihat jorok dengan membayangkan apa yang sedang "dipanggang" di dalam toilet tetapi pikirkan saja berapa banyak air yang bisa dihemat bila semua orang menggunakan si EcoJohn.

 
Sumber berita
Feeling green? Try the EcoJohn

Filed under: Ecofriendly, Miscellaneous, Technology

Tags: , ,

  • http://www.manggaduakomputer.com Muslih

    akan sangat borod jika pakai toilet jongkok / yg model airnya diglontor…

    pakailah toilet tradisional jongkok, cukup beberapa gayung utk menyiram, posisi jongkok yg cocok utk bantu peristaltik…. dan… suci dari najis.

    “tai” – maaf, adalah najis yg hanya isa dibersihkan sisanya dr tubuh luar / dubur dengan air.

  • bimbim

    lhaa… ceboknya…pake air juga……atau kertas yg dari bahan kayu…ya. mendinglah. tapi kalu kita sdg mules and agak gimana gitu…. gimana ya ngomongnya..nggak enak ahh. bayangin sendiri aja ya. :mrgreen: :mrgreen:

  • Adam

    Emang sih, terobosan yang bagus tapi kan alangkah lebih bersih jika dibersihkan memakai air daripada tisu, daun, batu, dll.

    tapi kira2 beli toilet kayak gituan berapa yach???

  • anonim

    bagus untuk penghematan.. tp kliatanya maksa bgt de..
    usul saya, mendingan bagi yg masih punya sisa gaji tiap bln nya, lebih baik tetep buat bayar rekening air aja.. drpd bwt beli ecojohn

  • http://danielmginting.blogspot.com Daniel GM

    :mrgreen: boleh juga… tinggal masalah ketersediaan dan kebiasaan… :razz:

  • http://www.fatary.com Fatary

    pasti Harganya mahal, trus ceboknya pakai apa yah? masa bokong kita dibakar jg seh biar bersih? :D

  • http://www.jaxvision.blogspot.com jax

    hahahahahaha
    kebayang egk, jika suatu hari nanti jk anda sedang dalam keaadaaan tidak fit, setelah bab secara engk disengaja anda memencet tombol burningnya, maka apa yang terjadi,,,,,,hihihihhihihihihihihi, pantat anda akan merah dan 2 detik kemudian menjadi gosong song song song heheheheheheheheheheheheeh, anda mau mencoba silahkan saja,heheheheheheeh

  • Mike

    Klo mati listrik ga bisa dibor gmn donk? Klo toilet biasa kan masih bisa di flush, lha klo ini? wkwkwk..