Styrofoam dome houses: rumah dengan bahan styrofoam yang ringan dan anti gempa

Bahan styrofoam yang kita kenal kebanyakan digunakan untuk hal sehari-hari seperti untuk kotak pendingin, packaging dan gelas kopi sekali pakai tetapi ternyata styrofoam bisa bisa digunakan juga untuk membangun rumah loh!!

Japan Dome House Co. Ltd. adalah perusahaan yang membuat rumah dengan bahan dasar Styrofoam ini.

Dengan penggunaan bahan ini maka banyak keuntungan yang didapat selain lebih cepat, ringan dan murah (setidaknya untuk ukuran orang Jepang).

Keuntungan lainnya adalah dapat mengurangi panas yang masuk sehingga dapat meminimalkan penggunaan AC, sirkulasi udara yang lebih baik, anti gempa dan tidak akan berkarat maupun lapuk dimakan usia dibandingkan dengan menggunakan besi dan kayu.

Rumah yang dibuat berbentuk sebuah kubah (dome) yang dapat dimodifikasi serta diaplikasikan ke segala macam kebutuhan, mulai dari rumah tinggal, bar, karaoke bahkan sampai spa. :-)

 

Untuk membangun satu buah rumah tinggal standar dengan ukuran 7,7 m (lebar) x 3,85 m (tinggi) atau luas sekitar 44 m2, hanya dibutuhkan waktu sekitar 7 hari dengan memakai 3-4 orang tetapi harga untuk satu buah rumah ini US$ 30.000 (sekitar Rp. 300 juta).

Saat ini bahkan sudah didirikan sebuah perkampungan rumah kubah ini di Kyushu (Aso Farm Land Resort) yang mempunyai 480 rumah kubah.

 

 
Sumber berita
Styrofoam dome homes

Filed under: Architectures, Ecofriendly

Tags: , ,

  • Adam

    Bagus sich, tapi saya masih punya pertanyaan…

    1. Kira2 rumahnya bisa bertahan berapa lama?
    2. Kalo lagi hujan kira2 ada yang bocor ga?
    3. Kalo suatu hari ada orang yang melempar batu ke rumah yang terbuat dari styrofoam bolong ga?

    Makasih…

  • nass

    salut sama idenya…. :roll:

  • http://none eldy

    minta detail2 rumah anti gempa dll dong,lg butuh bgt.thanks ya

  • m. sa’ad

    saya mau bangun rumah lebar 9m X panjang 10,7m berapa biaya yang diperlukan dengan menggunakan bahan styrofoam?berapa orang pekerja dan berapahari pengerjaannya?kami harus menghubu8ngi siapa untuk pengerjaannya?makasih

  • http://www.dharmabaktipakindo.com Nasrul

    pabrik styrofoam clik on http://www.dharmabaktipakindo.com/ produksi box, packing dan semua bahan dari styrofoam. termasuk lembaran untuk bahan bangunan styrofoam tahan gempa!

  • aal

    :razz: :mrgreen: ….salut sama terobosannya …tapi kok mahhhaal banget ya ada yang lebih murah ga tapi anti gempa n ga ketinggalan zaman alias tetap nyentrik ? …….

  • sein

    bagus simple.klo di indo bnyk maling. rumah ini kalo di dobrak maling tahan nggak? amankah?

  • http://www.dharmabaktipakindo.com Nasrul

    :idea: :idea: :idea: kalau konstruksi rumah modern, styrofoam dipakai bahan campuran! bagian luarnya tetap memakai semen,tetapi bagian dalam batanya dari styrofoam! itu akan sangat sulit dihancurkan! karena dinding styrofoam yg berlapis semen tidak mudah retak /pecah! apalagi runtuh. kalau ingin murah datang ke pabriknya! pembelian /m3 akan lebih ekonomis! info dan gambar rumah styrofoam modern.dijamin 80% lbh murah! http://www.dharmabaktipakindo.com/About.html

  • http://weae margea

    weww dmna letak rumah yang tahan gempa itu kasih tau dong pliss !!!!!!!!!!! :|

  • agus

    Boss….kebetulan nih sy perlu info yg banyak ttg dinding dari stereoform ini, begini…sy berencana akan membeli rumah eh pada saat sy cek ternyata dindingnya terbuat dr stereform, sy kaget krn selama ini stereform kita gunakan sehari2x utk hal2x lain. Yg jadi pertanyaan adalah amankah jika dinding terbuat dari stereoform ?, kuat berapa lama dinding tersebut bisa bertahan ? jika sy berencana utk merenovasi rumah tsb menjdi bertingkat bagaimana ?
    Terima kasih.