Mesin cuci yang hanya butuh 1 gelas air untuk mencuci pakaian kotor

Produsen elektronik, terutama yang memproduksi mesin cuci (washing machine) berlomba-lomba untuk menciptakan mesin cuci ekonomis yang hanya menggunakan sedikit air tetapi yang dilakukan atau sedang dikembangkan oleh Universitas Leeds (Leeds University) benar-benar huebat.

Bayangkan mereka telah menciptakan sebuah mesin cuci yang hanya butuh 1 gelas air (cup) saja untuk mencuci pakaian kotor.

Teknologi yang mereka gunakan hanya membutuhkan 2% air dibandingkan dengan mesin cuci pada umumnya dan juga menggunakan energi yang lebih sedikit.

Cara kerja mesin cuci ini menggunakan potongan kecil plastik (plastic chips) yang ukuran per satuannya sekitar 0,5 cm yang digunakan untuk menyerap dan menghilangkan kotoran yang ada di pakaian. Plastik tersebut harus diangkat setelah proses pencucian selesai.

Untuk satu kali penggunaan mesin untuk mencuci dibutuhkan sekitar 20 kilo plastic chips tetapi jangan kuatir, plastic chips ini bisa terus digunakan sampai 100 kali atau sekitar 6 bulan pemakaian.

Bisa dibayangkan berapa banyak air dan biaya yang bisa dihemat bila semua rumah tangga menggunakan mesin cuci seperti ini?? Apalagi dengar-dengar PAM (Perusahaan Air Minum) mau menaikkan kembali tarif air. :-(

 
Sumber berita
Washing Machine that Uses Only One Cup of Water

Filed under: Ecofriendly, Home Appliances, Technology

Tags: ,

  • erkom

    bos dimana kalo mau beli ni mesin?

  • Pingback: Teknologi « Pramuka SMA Negeri 2 Kediri

  • iwan

    bisa bersih gak tuh pakaian…gak jaminan..dech kayaknya.. :neutral:

  • nia

    asyik…
    klo dirumah mke mesin cuci
    bs ampe brapa ember ya???
    kira2 4/5
    ni cm 1 gelas
    hemat air,hemat uang jg

  • susi

    dimana bisa beli