Banyak keuntungan yang didapat dengan membuat taman di atas atap rumah (Green Roofs)

Kalau kami tidak salah, beberapa waktu yang lalu pernah diberitakan mengenai gedung di Jakarta yang mulai melakukan penghijauan di bagian atap gedung (Green Roofs) untuk sedikit meredam hawa panas dan sekaligus memperindah.

Sebenarnya bukan saja untuk gedung melainkan rumah kita sendiri juga bisa melakukan hal seperti ini.

Membuat taman diatas atau pada bagian atas rumah yang datar dan memang bisa diletakkan tanaman bukan saja membuat atau rumah anda sedikit lebih indah tetapi juga dapat mengurangi suhu panas yang ada di dalam rumah.

Menurut data yang ada, bila tanaman yang ada di bagian atap mempunyai tinggi sekitar 10 cm maka dapat mengurangi pemakaian AC sekitar 25%. Sebuah ruangan yang terletak tepat di bawah Green Roof mempunyai suhu udara lebih rendah yaitu sekitar 3-4° Celcius dibandingkan dengan suhu udara di luar ruangan.

Selain memberikan sedikit kesejukkan di dalam rumah, tanaman di atas rumah (green roof) juga dapat mengurangi kerusakan pada atap, misal beton yang retak dan sebagainya.

Green Roof juga berfungsi sebagai filter udara yang membuat udara lebih bersih dan sebagai informasi, 1 meter persegi rumput di bagian atap dapat  menghilangkan sekitar 0,2 kg partikel udara yang kotor setiap tahunnya.

Tidak banyak tapi kalau semua orang melakukan hal yang sama, tentu akan menjadi perubahan yang berarti bagi bumi kita yang tercinta ini. :-)

Sulitkah membuat taman di atas rumah (atap)? Yang terpenting adalah landasan (atap) yang digunakan bisa menampung air dan tidak bocor serta saluran pembuangan juga penting untuk diperhatikan.

Dan yang terakhir, pikirkan caranya bagaimana anda menyiramnya? :D

Sepertinya kami juga akan mencobanya dan akan kami beritahu bila kami berhasil melakukannya. :-)

 
Sumber berita: Roof top gardening & About Green Roofs
Green Roofs

Filed under: Architectures, Ecofriendly

Tags:

  • acep hasbuddin

    saya tertarik sekali dengan taman di atas atap rumah (Green Roofs) ini, sehingga menggerakkan hati saya untuk meniatkan diri akan membuat taman di atas atap rumah (Green Roofs) namun kemanakah saya bisa mendapatkan petunjuk/manual cara membuatnya ?

  • Nass

    Taman yang ada di atap kalo gak salah termasuk ke dalam arsitektur hijau (green architechture), bagus banget ni bwat menyiasati global warming yang lagi di ributkan sekarang ini, tapi kayaknya hal penting yang harus di perhatikan adalah struktur atapnya dan jenis tanaman yang di gunakan agar tidak merusak lapisan atap, nanti malah bukan atap yang asri di dapat, tapi malah atapnya bocor he..he..he..gak mau kan….(^_^)

  • http://www.koparhe.blogspot.com paijo

    di beberapa tempat di vietnam atapnya ada yang di tanami padi

  • Pingback: senchingpink » Blog Archive » Zero Emission House: rumah masa depan tanpa tagihan PLN

  • ER

    Harusnya hal tsb menjadi persyaratan wajib pembuatan IMB di Jakarta.

  • cecil

    atap ini paling cocok di iklim apa?

  • cecil

    klu memang sangat efisien, kenapa belum banyak penerapannya di Indonesia?
    apa karena kurang info?
    ada artikel indonesia yang membahas dengan lengkap ttg green roof?

  • SR

    saya masih g ngerti,kok bisa mengurangi kerusakan pada atap,bukannya akar pohon bisa mendorong atap rumah dan nantinya retak,eh,tau dah :?:

  • Otakku

    @SR
    Untuk membuat greenroof tidak bisa dilakukan dengan hanya meletakkan tanaman diatas atap tetapi harus ada wadah dan sebagainya.

    Seperti terlihat pada gambar yang ada, semuanya diberikan wadah terlebih dahulu, terutama untuk menghindari bocor dan sebagainya.

    Salam,

    Otakku.com

  • Pingback: Heden: bangunan di Swedia dengan sistim “atap hijau” (green roof) « PT. PP ( Persero )

  • AT

    klo boleh tau bangunan di indonesia yang sudah menerapkan penggunaan roof garden ataupun green roof ini apa saja?? need info

  • Otakku

    @AT
    Seingat kami, beberapa gedung di Jakarta sudah melakukan Green Roof tetapi tidak 100%, biasanya mereka menanam pohon di sebagai area tetapi mungkin luas penghijauannya masih kurang dari 50% dari luas atap. CMIIW!!!

    Salam,

    Otakku.com

  • inxiu

    wisma dharmala sakti yang lokasinya tepat di seberang sampoerna strategic square jakarta bisa dikatakan salah satu gedung dengan green environment.

  • http://- aab

    q mw taxa tentang ketahanan atap untuk menahan beban dari komponen pada green roof itu sendri,,,setiap meter persegi pasti kn bertambah beban,nah itu perhitungan kira2nya berapa ya bebannya>|?mohon jwbannya,,thx b4

  • darmanelly

    :sip: saya sudah praktekkan. sebagian atap rumah saya buat dengan kontruksi cor beton. lalu diatasnya saya berkebun menanam sayuran seperti: pandan wangi,: kangkung, bayam, terong, sawii, labu air., pare juga bumbu dapur seperti: kunyit, jahe, cabe, serai, jeruk purut, selasih, dan sebagian tanaman bunga-bungaan. semuanya ditanam dalam pot. ada pot kecil dan ada yang dalam pot besar. memang sebaiknya tanaman yang ditanam adalah tanaman yang akarnya tidak terlalu kuat. karena akar pohon bisa merusak bangunan.