Apakah anda membutuhkan megapixels yang besar untuk kamera digital?

megapixels_myths.jpg

Kamera digital semakin murah dan terjangkau sehingga kami yakin bahwa hampir setiap orang memilikinya saat ini tapi tahukah anda bahwa ada suatu mitos mengenai megapixels (megapixels myths)?

Kamera digital keluaran terbaru saling berlomba untuk memberikan kapasitas atau resolusi atau megapixels yang terbesar. Yang menjadi pertanyaan apakah memang semakin besar megapixelnya berarti kualitas foto semakin baik?

Apakah anda juga tahu bahwa semakin besar megapixel bahwa semakin mahal harga sebuah kamera tetapi apakah anda membutuhkannya?

Sebuah kamera dengan 3 megapixels berarti mempunyai ukuran pixel 2048 (P) x 1536 (L) sedangkan untuk 5 megapixels adalah 3504 x 2336 pixels. Dan jika anda mengalihkannya maka angka yang didapat akan sama dengan kapasitas atau megapixels yang ada.

Yang menjadi pertanyaan apakah ukuran 5 megapixels akan selalu lebih baik dibandingkan dengan 3 megapixels? Jawabannya TIDAK!!!

Bisakah anda membedakan mana yang lebih baik diantara kedua gambar di bawah ini dimana gambar tersebut diambil dari kamera 3 megapixels dan satu lagi 5 megapixels.

 

Jadi selama anda tidak akan mencetak atau membuat gambar di web dengan ukuran besar maka berapapun megapixels yang ada di kamera tidak akan berpengaruh pada kualitas.

Dan biasanya, semakin besar megapixels maka ada beberapa kekurangan antara lain:

- Besarnya 1 file foto akan lebih besar dan waktu untuk transfer lebih lama

- Anda butuh kapasitas hardisk yang lebih besar

- Anda butuh PC yang cukup baik untuk melihat dan meng-edit foto

Ukuran foto yang akan dicetak

Kecuali anda membutuhkan foto anda untuk dicetak dalam ukuran besar, disinilah kegunaan dari kamera yang mempunyai megapixels besar.

Sebagai contoh bila anda ingin mencetak foto yang berukuran 8 megapixel dan 3 megapixels pada kertas foto ukuran 10 x 15 cm maka anda tidak bisa membedakan kualitas antara kedua megapixels tersebut.

Tetapi bila anda ingin mencetaknya di kertas foto ukuran 30 x 40 cm maka anda bisa membedakan mana yang lebih baik kualitasnya antara 3 MP dengan 8MP (tentu saja yang 8MP).

Tabel di bawah ini akan memberikan sedikit gambaran berapa besar ukuran foto yang dapat anda cetak sesuai denga kapasitas megapixels yang ada di kamera digital:

Megapixels

Ukuran foto optimal (inches)

2.0

4 x 6 (4R/ standar)

3.0

5 x 7

4.0

8 x 10

5.0

9 x 12

6.0

11 x 12

8.0

12 x 16

10.0

16 x 20

12.0

18 x 24

Anda tentu saja bisa mencetak foto lebih dari ukuran yang ada tetapi semakin besar ukuran foto yang anda cetak dan melebihi dari standar diatas, otomatis kualitas foto anda akan semakin tidak tajam dan kurang bagus kualitasnya.

Jika anda hanya menggunakan kamera digital untuk dicetak di ukuran 4R atau hanya dibagikan melalui web maka anda tidak perlu membuang uang untuk membeli kamera digital dengan resolusi 10 MP.

Lebih mudah untuk di-crop (dipotong)

Satu lagi kelebihan kamera digital dengan megapixels yang besar adalah memungkinkan anda untuk men-crop foto.

Sebagai contoh bila anda mempunyai sebuah foto anjing kesayangan yang sedang berenang di pantai dengan menggunakan kamera 4 MP tetapi posisi anjing tersebut terlihat jauh atau kecil.

Dengan menggunakan kamera yang 10 MP maka anda bisa memotong sebagian foto yang ada dan memfokuskan pada anjing tersebut tanpa harus mengurangi ukuran cetak dari gambar tersebut.

megapixels_01.jpg

megapixels_03.jpg

4 MP tanpa dicrop terlihat jauh

10MP yang di-crop tapi ukuran tetap

Nah, apakah dengan penjelasan ini anda sudah bisa menentukan berapa besar megapixels yang anda butuhkan atau sesuai dengan kegunaannya?

Semoga artikel ini berguna bagi anda yang ingin membeli kamera digital. :-)

 
Sumber berita & Sumber Gambar
Having A Hard Time Trying to Define Megapixels?

Filed under: Camera & Video, How To Articles