Menambal kolam (ikan) yang bocor tanpa harus menguras

pc11.jpg

Pernahkah anda dibuat pusing dengan kolam ikan anda yang tiba-tiba bocor? Masalah utama yang sering terjadi adalah repotnya memindahkan semua ikan anda yang begitu banyak dan tempat sementara selama kolam sedang diperbaiki, belum lagi resiko ikan akan "mabuk" dan kemungkinan mati.

Itu juga terjadi pada kami beberapa bulan yang lalu tetapi untungnya kami menemukan produk yang satu ini.

PC-11 adalah sejenis lem yang berbentuk pasta yang sebenarnya dipergunakan untuk menambal kapal bocor tetapi setelah setelah kami bertanya melalui email kepada produsennya, ternyata lem ini juga boleh digunakan untuk memperbaiki kebocoran pada kolam ikan.

Keunggulan produk ini adalah anda tidak perlu memindahkan ikan ke tempat lain dan menguras kolam terlebih dahulu. Cukup menempelkan "pasta" tersebut ke bagian kolam yang bocor (dalam keadaan masih penuh dengan air dan ikan), biarkan selama 45 menit maka kolam anda sudah tidak bocor lagi.

Apakah berbahaya bahan kimia tersebut terhadap ikan anda? Tidak sama sekali, buktinya sampai detik ini, ikan koi kami tetap sehat kok. :D

Anda bisa membelinya di Ace Hardware yang ada di Indonesia tapi mohon maaf kami lupa harganya, yang pasti sepadan dibandingkan dengan anda harus menguras isi kolam.

Bagi kami, ini penemuan yang sangat berguna dan dengan senang hati, kami membagi pengalaman yang menyenangkan ini. :-)

 
Sumber berita
Menambal kolam (ikan) yang bocor tanpa harus mengurasnya

Filed under: How To Articles
  • http://www.terminalkoi.com terminalkoi

    sebuah masukan yang sangat berarti buat para Hobbies

  • http://www.otakku.com Otakku

    Senang melihat pengunjung dapat “memetik” sesuatu dari Otakku.com. :-)

    Bila diinginkan, anda bisa dengan bebas memngambil dan menaruh semua artikel yang ada di blog atau website yang dimilik selama mencatumkan sumbernya yaitu dari kami, Otakku.com

    Salam,

    Otakku

  • remon

    salam kenal mas :smile:
    kolam saya bocr…beli lemnya dimana ya mas???
    apa di ace hardware ada??

  • http://www.otakku.com Otakku

    Betul mas, bisa beli di Ace Hardware Indonesia kok. :smile:

    Salam,
    Otakku.com

  • http://yahoo.com dhoni marwan

    maaf mas, masalahnya kta ga tau ni bagian mana yang bocor. bisa ga pasta itu di di pake untuk keseluruhan kolam ?
    Apa kita harus nguras kolam terlebih dahulu?

  • shellona

    kalo buat nambal bibir yg bawel..lemnya apaan ..mas…???

  • Otakku

    @Shelonna
    Wah, kalau lem untuk nambal bibir bawel blom ada tapi alat untuk nutup bibir yang bawell ada tuh….

    http://www.otakku.com/index.php/2007/11/10/zip-it-face-mask/
    :mrgreen:

    Salam,

    Otakku.com

  • alberto

    buat nambal ban mobil/motor bisa nggak :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

  • alberto

    buat nambal ban mobil/motor bisa nggak :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

  • Erwin S.

    Lg puyeng jg sama kolam koi sy yg bocor. Buat saya masalahnya bukan mindahin ikan2nya, tapi mencari titik lokasi bocornya dimana seperti yg dialami mas Dhoni Marwan. Berapa harga lem PC11 itu ? Kalau murah berarti saya sapu saja semua dinding & dasar kolamnya, karena sudah pernah saya kuras kolamnya tetap tidak ketahuan titik lokasi bocornya.
    Salam, mohon respons, trims.

  • Otakku

    @Erwin S
    Kami agak lupa berapa harganya tapi kalau tidak salah sekitar hampir 100 ribu dengan isi yang sedikit saja. Artinya kalau untuk ditambal semua sepertinya mahal deh.

    Memang sulit kalau tidak tahu lokasi bocornya, mau tidak mau harus dicek satu per satu. Waktu itu kami juga tidak tahu lokasi bocornya, jadi kami fokus pada bagian yang retak-retak, dan kami coba tutup sementara satu per satu dan akhirnya ketahuan mana yang bocor. :-)

    Solusi termudah mungkin dengan melapis ulang dasar kolam atau bisa juga menggunakan plastik khusus untuk membuat kolam seperti ini.
    http://www.pondmarket.com/catalog/index.cfm/category/8/epdm-pond-liner–plastic-ponds.cfm

    Salam,

    Otakku.com

  • Yos

    Gimana mas kalau lem tersebut di tampal ke kolam yang berlapisan plastik (terpal) bisa ngak??????..:)

  • Otakku

    @Yos,
    Wah, belum coba kesitu tetapi agak susah deh kayanya atau bisa juga kaga bisa.

    Salam,

    Otakku.com

  • ferdian

    Wah,.. Sangat bermanfaat..
    Tp mmg benar, utk menemukan posisi yg bocor sangat sulit, apalagi setelah di flexicoat tetap bocor.. Nah ini yg susah, tidak tau mana yg retaknya, krn sdh tertutup coating.
    Biar bgmpun info ini sangat berguna.

  • bos rizky

    :smile: :sip: :roll: :o ahh mas koki