Apakah dompet masih diperlukan nantinya?

Mungkin hal yang kami bahas ini sudah sedikit "kuno" karena memang sudah cukup lama keberadaan teknologi HP dari NTT Docomo tetapi layanan ini masih terus berkembang sampai saat ini.

NTT Docomo, salah satu provider telpon seluler di Jepang pada beberapa waktu yang lalu telah meluncurkan suatu layanan yang disebut "Osaifu-Keitai" yang boleh dibilang sebagai mobile-phone wallet untuk keperluan berbagai macam transaksi.

Layanan Osaifu-Keitai ini akan "merubah" HP anda sebagai kartu kredit (credit card), uang eletronik (transaksi yang dilakukan hanya secara dgital), kartu identitas (Identity Card), tiket langganan elektronik untuk kereta api, bis bahkan pesawat terbang.

Dengan sensor yang biasanya diletakkan di  bagian belakang HP,anda cukup mendekatkan HP anda ke mesin yang tersedia (tidak perlu ditempelkan) dan otomatis pembayaran akan diproses serta memotong saldo anda di bank yang bersangkutan.

Anda bisa bayangkan kemudahan yang dapat kita dapatkan melalui layanan yang satu ini, anda cukup membawa HP anda kemanapun anda pergia maka semua yang anda inginkan dapat dilakukan hanya dengan membawa satu alat saja yaitu HP anda.

Dan yang pasti, dompet anda tidak perlu "dijejalkan" dengan segala "sampah" seperti tiket langganan bis/ kereta api, uang receh dan uang "dekil" dan benda lainnya. :-)

Kapan yah teknologi seperti ini akan masuk ke Indonesia?

 
Sumber berita
Osaifu-Keitai: DoCoMo's Powerfully Convenient Mobile Wallet

Filed under: Phones, Technology

Tags: , ,

  • http://maps.google.co.jp/maps?f=q&hl=ja&geocode=&q=???&layer=c&ie=UTF8&ll=34.665522,135.498569&spn=0.001116,0.00235&z=19&cbll=34.664963,135.498342&panoid=5xM4Yn ramdan

    :neutral: :mrgreen: :neutral: :smile: :smile: :???: :???: :shock: :shock: :eek: :eek: :cool: :cool: